Senin, 14 Oktober 2019


Dibekali Teknologi Lengkap, Yamaha NMAX Skutik Terbaik

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 43
Dibekali Teknologi Lengkap, Yamaha NMAX Skutik Terbaik

Dibekali Teknologi Lengkap, Yamaha NMAX Skutik Terbaik

PONTIANAK, SP - Yamaha NMAX adalah model Skuter Matik (skutik) yang dibuat oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Produsen sepeda motor dengan logo Garpu Tala tersebut, adalah anak perusahaan Yamaha Motor Company Indonesia.

Skuter ini diluncurkan secara resmi pada Februari 2015 di Sirkuit Sentul, Bogor. Sebagai sebuah model global, yang akan berbasis produksi di Indonesia dan akan diekspor ke mancanegara, Yamaha NMAX diperkenalkan sebagai anggota terbaru dari seri MAX, yang merupakan jajaran maksi-skuter sporty dari Yamaha.

Model yang populer dari seri MAX dan cukup populer di Eropa dan Amerika, antara lain TMAX dan XMAX. NMAX berbasis rangka model underbone dengan dua peredam kejut telekospik di bagian depan dan suspensi belakang jenis unit swing arm dengan dua peredam kejut coil over di bagian belakang.

Mesin yang diusung adalah mesin bersilinder tunggal berpendingin cairan, SOHC dengan 4 katup dengan penyalur bahan bakar injeksi. Mesin baru ini dirancang dengan teknologi Blue Core Yamaha dan sudah menggunakan silinder DiASil dan Variable Valve Activation (VVA), yaitu aktivasi katup yang bervariabel pada putaran mesin tertentu.

Pada prinsipnya, cara VVA mirip dengan teknologi Variable Valve Timing with intelligence (VVT-i) kepunyaan Toyota. Untuk pasar lokal Indonesia kapasitas silinder mesin yang dipakai adalah 155cc.

Dengan diameter dan langkah 58,0mm x 58,7mm dan perbandingan kompresi 10,5:1, mesin ini diklaim menghasilkan tenaga maksimum of 11,1 kW (14,8 bhp) pada 8.000ppm dan torsi maksimum 14,4Nm pada 6.000ppm yang disalurkan melalui Continuously Variable Transmission (CVT) jenis sentrifugal.

Dengan berat kosong (tanpa muatan namun tanki bahan bakar, cairan pendingin, dan pelumas terisi penuh) sebesar 127 kg skutik ini memiliki power-to-weight ratio yang cukup mumpuni di kelasnya.

Yamaha NMAX menggunakan roda aluminium  dengan ukuran lingkaran yang tidak lazim di pasar skutik Indonesia, yaitu 13 inci, sementara ukuran ban depan yang dipakai adalah 110/70-13 dan ukuran ban belakang 130/70-13.

Pilihan roda dan ban berukuran lebar ini mempertegas desain bodi NMAX yang kental dengan pengaruh desain skuter Eropa, sejalan dengan desain skuter seri MAX lain yang telah dipasarkan terlebih dahulu. Lampu depan dan belakang NMAX sudah mengaplikasi lampu LED yang hemat energi.

NMAX juga dilengkapi dengan starter elektris dan instrumen LED digital yang terdiri dari antara lain, speedometer, tachometer, tripmeter, jam, indikator pemakaian CVT, dan indikator konsumsi bahan bakar.

Pada sektor pengereman, NMAX menggunakan rem jenis cakram tunggal baik di roda depan maupun belakang yang dilengkapi dengan perangkat Anti-lock Brake System (ABS), di mana hal ini diklaim oleh Yamaha sebagai yang pertama di Asia pada kelasnya.

Yamaha NMAX, model terbaru YIMM pada tahun 2015, disempurnakan dengan teknologi Variable Valves Actuation (VVA). Teknologi ini pertama kali diterapkan pada sepeda motor di dunia, menjadikan performanya diklaim nomor satu dengan berbagai keunggulan.

Yamaha NMAX diklaim memiliki tenaga dan torsi paling besar di kelasnya yakni 11.1 kW/8000 rpm dan torsi 14.4 Nm/6000 rpm. Keunggulan lainnya karena bobotnya paling ringan di kelasnya (120 kg). Itulah sebabnya dengan tenaga, torsi dan bobot paling ringan di kelasnya, NMAX disebut sebagai The Ultimate Sports Matic. (mul)