Selasa, 15 Oktober 2019


The NextDev Akan Adakan Summit Pelaku Digital

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 51
The NextDev Akan Adakan Summit Pelaku Digital

The NextDev Akan Adakan Summit Pelaku Digital

JAKARTA, SP - Starup Digital milik Telkomsel, The NextDev, terus digaungkan oleh Telkomsel. The NextDev adalah ajang pencarian dan pengembangan startup  digital milik Telkomsel yang sudah berusia lima tahun.

Selama itu pula, sudah ada 4.900 startup yang dibina dari program milik Telkomsel tersebut. The NextDev dimulai dari tahun 2015 dan sampai sekarang 2019 sudah punya komunitas yang terus bergerak menjadi pusat pengembangan bisnis kreatif.

“Jebolan The NextDev ini bisa terlihat misalnya startup Fishgo, Garda Pangan, Hello Beauty, Cekmata, Squiline, Karapan, Marlin Booking, Habibie Garden, Cek Lab, hingga Botika,” kata VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, di Jakarta.

Menurutnya, The NextDev yang awal kehadirannya untuk pencarian startup, kini mulai masuk ke akademi yang berupa program inkubasi selama enam bulan untuk mengembangkan kapasitas startup digital yang memiliki dampak sosial.
"Teman-teman startup ini dimentoring oleh mentor yang spesifik dengan startup mereka. Contohnya, Cek Lab dimentor oleh Alfatih Timur dari Kitabisa.com. Inilah yang membuat The NextDev jadi incaran startup yang masih early di Indonesia, inkubasi yang membantu secara growth," tuturnya.
Telkomsel berupaya The Nextdev untuk membuat ekosistem startup, khususnya dari para UKM dengan menyediakan semua hal yang dibutuhkan oleh para startup jebolannya, termasuk soal membangun hub untuk tempat bersosialisasi, dan mencari format terbaik The Nextdev setiap tahunnya.
Di tahun 2019 atau tahun kelima usia The NextDev tersebut, Telkomsel akan menggelar The NextDev Summit untuk pertama kalinya. Di sana digelar sebuah ajang kopdar antara pelaku startup dan investor dari lokal maupun internasional.
Selain itu, The NextDev Summit yang rencananya dihelat pada 7 Desember 2019, akan diisi berbagai sesi yang berhubungan dengan dunia startup. Diharapkan The NextDev Summit diharapkan mampu menjembatani para stakeholders serta startup untuk membangun kolaborasi.

Melalui The  NextDev, Telkomsel memiliki mimpi besar sebagai agregrator startup terbesar di Indonesia. Cita-cita tersebut diharapkan dapat terealisasi dalam waktu tiga tahun ke depan atau pada tahun 2021.
"Startup agregator terbesar di Indonesiaini adalah mimpi kita. Untuk mencapai itu, kita butuh tiga tahun dari sekarang," paparnya.

Untuk mencapai mimpi tersebut, beberapa tahapan menuju ke sana sudah disiapkan oleh Telkomsel. Untuk tahun ini, operator yang identik warna merah itu tengah menyiapkan The NextDev Summit yang direncanakan digelar pada7 Desember ini.

Dipaparkan dalam event tersebut akan dihadiri sekitar 100 pembicara kompeten. Selain itu juga, Telkomsel akan memboyong investor dari dalam dan luar negeri yang bisa jadi dimanfaatkan startup.
"Menariknya, ada Jenny Lee. Dia termasuk 100 Most Powerful Women in The World versi Forbes dan dia adalah satu-satunya perempuan yang berkuasa di venture capital di Silicon Valley yang pernah mendanai pertama kali AirBnb dan Canva," tuturnya. (oto)

<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->