Minggu, 08 Desember 2019


Generasi Anyar Honda CBR1000RR Segera Diperkenalkan

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 52
Generasi Anyar Honda CBR1000RR Segera Diperkenalkan

Generasi Anyar Honda CBR1000RR Segera Diperkenalkan

RUMOR akan kembalinya generasi anyar Honda CBR1000RR, terus bermunculan. Setelah fotonya beredar luas di laman twitter, kini kabar terbarunya menggunakan Triple R alias RRR di belakang angka. Motor yang digunakan untuk kejuaran World Superbike (WSBK), siap dirilis di EICMA, November 2019.

Kabar mengenai peluncuran Honda CBR1000RR, sejatinya sudah diberitakan salah satu media Jepang. Saat itu, gambar yang beredar masih dalam bentuk render. Kendati belum terlihat jelas, mereka menggangap model baru Honda memiliki kecanggihan teknologi dan performa yang luar biasa.

Mereka juga berpendapat, versi CBR teranyar bakal menjadi superbike terbaik yang dijual secara massal.

Ada informasi yang menyebutkan, produk baru Honda sudah masuk dalam daftar European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Dilansir dari rideapart, Honda Motor Company mengajukan merek dagang untuk nama "CBR1000RR-R". Kabar itu baru mencuat di Badan Kekayaan Intelektual Uni Eropa satu minggu menjelang EICMA 2019.

Varian Honda CBR series yang kita kenal dengan abjad RR, ada CBR1000RR Fire Blade, CBR600RR dan CBR250RR. Ketiga produk masterpiece Honda itu memang spesial dan eksklusif.

Nama RR yang disematkan punya arti ‘Race Replica’ atau replika-nya motor balap Honda. Sedang tambahan R lagi diasumsikan ‘Racing’. Bisa jadi, dipicu karena ia merupakan versi paling canggih dan punya tenaga besar.

Tujuan Honda merombak CBR1000RR sudah jelas, untuk memenangkan kejuaraan WorldSBK. Melalui pembalap barunya Alvaro Bautista, Honda diharapkan bisa bersaing dengan pabrikan lainnya. Selain itu, mungkin ini jawaban Honda untuk siap melawan Yamaha R1M terbaru, Kawasaki ZX-10R dan Ducati V4R di kejuaraan Superbike.

Info sebelumnya, motor massal buat kejuaraan superbike dari pabrikan Jepang, punya beberapa ubahan untuk versi 2020. Paling mencolok di bagian fairing.

Nantinya, sisi fairing depan ada winglet atau aero fairing. Alat itu memainkan peran dalam meningkatkan downforce saat hard braking, dan bermanfaat sebagai penambah aerodinamis saat motor dipacu kencang. Desainnya mirip winglet di motor balap Honda yang berlaga di MotoGP, RC213V.

Fairing bagian depan memiliki lubang RAM-Air besar. Sebagai penambah pasokan udara ke mesin, kala berputar dengan sangat cepatnya. Posisinya berada di tengah, di antara dua headlamp. Bentuknya mirip dengan

CBR600RR dan persis punya BMW S1000RR, ZX-10R dan YZF-R1. Bingkai utama memiliki desain yang sama seperti model sebelumnya. Namun, versi baru ditingkatkan kekuatannya. Lengan ayun belakang terbalik dirancang ulang, persis seperti punya RC213V-S.

Mesinnya masih sama, 999 cc liquid-cooled, in-line empat silinder. Tapi, diindikasi mendapat peningkatan dan menjadi paling kuat di pasaran. Model yang saat ini beredar, punya tenaga maksimum 189 hp. Dengan pengembangannya, versi baru bisa mencapai 202 hp bahkan lebih.

Hal itu dimaksudkan untuk bisa bersaing langsung dengan Ducati Panigale V4 R (221 hp) atau Kawasaki Ninja H2 (227,8 hp). (mul)