Jumat, 17 Januari 2020


Honda City Generasi Kelima Bermesin Turbo

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 54
Honda City Generasi Kelima Bermesin Turbo

Honda City Generasi Kelima Bermesin Turbo


JAKARTA, SP – Honda City generasi terbaru, yang merupakan generasi kelima, akan segera mengaspal di jalanan Indonesia. Honda untuk sementara menjadikan Thailand sebagai negara pertama yang melihat City.
Honda dalam siaran pers, telah merilis City Generasi baru pada Senin (25/11/2019). Sebagai pemanasan Honda sudah merilis video mengenai generasi-generasi Honda City terdahulu yang diklaim cukup sukses di berbagai negara

Honda menyebut, City generasi kelima akan menggunakan mesin turbo yang lebih irit 33 persen dibanding model lama. Namun di sisi lain, meski lebih irit, tenaganya justru lebih besar. Desain luarnya bakal sporty dan mewah dengan kabin yang lebih lega.

Tidak ada lagi spesifikasi detail atau teknis yang di-share Honda. Semua informasi ditutup sampai 25 November mendatang.

Melihat kedekatan City dengan Indonesia, tak salah rasanya jika berspekulasi kalau Honda akan segera merilis mobil di tanah air. Dari 4 generasi Honda City yang sudah ada, detikcom sepertinya lebih suka gen 1 dan gen 4.

Di Indonesia sendiri, Honda akan merealisasikan investasi sebesar Rp5,1 triliun pada periode 2019-2023. Investasi itu untuk pengembangan model baru dan lokalisasi industri mobil Honda. Rp5,1 triliun itu untuk roda empat, sebagai pengembangan model baru, pendalaman lokalisasi industri, dan Kendaraan Bermotor Roda Empat (KBH2), yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Saat ini, sudah 89 persen untuk terus fighting agar cost lebih kompetitif sesuai lokalisasi. Dengan demikian, Honda menegaskan komitmen mereka dalam membangun industri mobil dalam negeri. Namun angka itu hanya untuk pengembangan mobil konvensional belum termasuk mobil elektrifikasi atau mobil ramah lingkungan.

Dalam Rp 5,1 triliun itu tidak ada elektrifikasi. Penerapan elektrifikasi harus banyak pertimbangan karena yang mana cocok untuk Indonesia, kami banyak opsi untuk elektrifikasi, karena peraturan pemerintah sudah keluar, tinggal petunjuk teknisnya saja. Jadi begitu itu keluar, langsung melakukan action.

Niatan investasi Rp5,1 triliun Honda ini disampaikan langsung Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita saat mengunjungi Jepang beberapa waktu lalu. Investasi tersebut untuk model baru dan pendalaman industri, lokalisasi dan sebagainya.


“Karena memang salah satu nilai positif dari Honda adalah menempatkan pusat penelitian dan pengembangannya di Indonesia," papar Menperin. (oto)