Senin, 20 Januari 2020


Xiaomi Luncurkan TV Mi TV4A Smart dengan OS Android dengan Harga Terjangkau

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 79
Xiaomi Luncurkan TV Mi TV4A Smart dengan OS Android dengan Harga Terjangkau

Xiaomi Luncurkan TV Mi TV4A Smart dengan OS Android dengan Harga Terjangkau

JAKARTA, SP - Xiaomi kini melirik pasar Smart TV di Indonesia lewat produk pertamanya, Mi TV 4A. Smart TV dengan OS Android ini, terasa menggoda lantaran banderol harga yang murah jika dibandingkan dengan Smart TV sekelasnya. 

Bayangkan, Xiaomi Mi TV 4A ukuran 32 inci ini bisa ditebus dengan harga Rp2 juta saja. Harga itu di bawah harga rata-rata Smart TV 32 inci di Indonesia yang saat ini berada di kisaran Rp2,2 juta. Sebagai perbandingan, Smart TV 32 inci dari Sharp dijual dengan harga Rp2,3 juta, sementara Smart TV 32 inci Samsung di harga Rp3,5 juta.

Adapun spesifikasi dan hardware Mi TV 4A, memiliki bentang layar 32 inci dengan kerapatan 1.366 x 768 piksel, sehingga resolusi maksimal yang bisa ditampilkan adalah HD 720p, belum mendukung Full HD 1080p. Xiaomi menyertakan UI bernama Xiaomi PatchWall yang di dalamnya pengguna bisa mengunduh aplikasi dari Google Play Store dan dapat terhubung dengan Chromecast.

Istimewanya, televisi ini juga sudah mendukung google search dalam bahasa Indonesia. Mi TV 4A menggunakan Sistem on Chip (SoC) Amlogic 950x dengan CPU quad-core yang dilengkapi prosesor grafis Mali-450, RAM 1 GB, dan kapasitas penyimpanan 8 GB eMMC. Konektivitas Untuk konektivitas, Mi TV 4A memiliki port-port yang komplit untuk ukuran TV masa kini, seperti tiga port HDMI, dua port USB 2.0, 1 port ethernet, bahkan port kabel antena TV reguler.

Selain itu masih ada pula port A/V (tiga kabel, yaitu merah, putih, kuning) yang mungkin tergolong lawas untuk ukuran TV masa kini. Namun bisa jadi ini disesuaikan dengan target pasar Mi TV, yakni kelas menengah ke bawah yang masih memiliki pemutar VCD/DVD dengan kabel semacam itu.

Mi TV 4A juga mendukung konektivitas nirkabel Wi-Fi dual-band dan Bluetooth 4.2. Dengan koneksi Wi-Fi dual-band, pengguna bisa menghubungkan TV ini dengan jaringan Wi-Fi yang berjalan pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz.

Paket pembelian berisi satu unit panel TV, remote dengan baterainya (2x AAA), penyangga dua kaki (berbahan plastik), komplit dengan sekrupnya. Pemasangan kaki TV pun tergolong mudah hanya membutuhkan perkakas obeng. Remote Remote Xiaomi Mi TV 4A terlihat sederhana dan minimalis. Paling atas terdapat tombol daya, lalu di bawahnya adalah tombol mikrofon untuk Google Assistant, di bawahnya lagi adalah tombol D-Pad 5 arah berbentuk lingkaran. Berjajar di bawah tombol D-Pad adalah tombol antarmuka PatchWall dengan logo Xiaomi, tombol Back, dan Home. Sementara paling bawah adalah tombol volume up (+) dan down (-).

Antarmuka menghidupkan TV untuk pertama kali, pengguna akan diminta untuk melakukan sejumpah pengaturan, seperti memasukkan akun Google, menghubungkan TV dengan ponsel Xiaomi, menghubungkan dengan koneksi Wi-Fi, dan sebagainya.

Pengalamannya mirip dengan pertama kali menggunakan ponsel Android. Tak heran karena TV ini juga menggunakan OS bikinan Google itu. Antarmuka Xiaomi Mi TV juga sudah mendukung Bahasa Indonesia. Menu-menu mudah diakses dan dikenali, tanpa perlu menggali menu lebih dalam lagi.

Namun pengguna mungkin akan merasa kerepotan saat ingin mengatur setting tampilan layar, jika sedang menggunakan input eksternal HDMI (seperti saat main game), karena harus keluar ke tampilan utama TV lebih dulu. (mul)