Ombudsman Kalbar Sosialisasi Pelayanan Publik

Bengkayang

Editor Kiwi Dibaca : 925

Ombudsman Kalbar Sosialisasi Pelayanan Publik
FOTO BERSAMA – Kepala Ombudsman Perwakilan Kalimantan Barat, Agus Priyadi berfoto bersama pegawai camat, tokoh masyarakat, perangkat desa usai kegiatan sosialisasi pelayanan publik di Kantor Camat Bengkayang, Senin (8/5).
BENGKAYANG, SP – Ombudman Perwakilan Kalimantan Barat menggelar sosialisasi di Kantor Camat Bengkayang, Senin (8/5).

Kepala Ombudman Perwakilan Kalimantan Barat, Agus Priyadi mengatakan, sosialisasi diadakan untuk mempersiapan pelayanan publik dan peran warga mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Bengkayang.  "Kita lakukan satu hari di sini. Kami sudah melakukan kegitan seperti ini di semua kabupaten/kota yang ada di Kalbar," terangnya.

Dikatakan bahwa sosialisasi itu rutin dilakukan setiap tahun. Khusus Kabupaten Bengkayang, sudah tiga  dilakukan dari 2014, 2015  dan 2017. "Kita pilih kantor kecamatan karena aksesnya gampang dan ke perangkat desa sangat mudah," terangnya.

Agus  mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya  menerima pengaduan dari masyarakat Kabupaten Bengkayang terkait pelayanan publik. Menurut data yang ada di Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar, paling banyak masyarakat mengadukan terkait kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kepolisian, dan Pemda Bengkayang.

Pertanahan yang diadukan ialah terkait pengurusan administrasi di kantor pertanahan. Kalau di Kepolisian terkait tindak lanjut laporan dari masyarakat. Sementara Pemda yakni laporan masyarakat terkait administrasi di pemerintahan seperti surat lama dibalas.

"Apabila masyarakat komplain (mengeluh), harus segera direspons dan ditindaklanjuti serta berusaha segera diselesaikan. Kecepatan respons dan menyelesaikan harus betul-betul dilaksanakan," kata Agus.

Camat Bengkayang, Ucok P Hasugian menuturkan, pihaknya hanya memfasilitasi pihak Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat melakukan sosialisasi. "Sebanyak 40 orang yang hadir pada kegiatan ini," jelasnya.

Para peserta ialah PNS, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat yang ada di Kecamatan Bengkayang.

Sementara Kepala Desa Bhakti Mulya, Dani mengaku sangat berterima kasih kepada Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar yang melakukan sosialisasi. "Dengan adanya kegiatan ini menambah wawasan kami," pungkasnya. (cah/bah)