Harga Cabai Rawit di Bengkayang Rp60 Ribu

Bengkayang

Editor Kiwi Dibaca : 740

Harga Cabai Rawit di Bengkayang Rp60 Ribu
CABAI RAWIT – Pedagang cabai rawit menunggu pembeli di pasar. Di Bengkayang, harga cabai rawit Rp60 ribu per kilogram.
BENGKAYANG, SP – Harga cabai rawit merah yang sempat mencapai Rp100 ribu lebih per kilogram di Kabupaten Bengkayang beberapa waktu lalu, kini turun menjadi Rp60 ribu per kilogram.  

"Berdasarkan data kami per April 2017, harga cabai rawit merah rata-rata seharga Rp60 ribu per kilogram," kata Kepala Bidang Perdangangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkayang, Tuti ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Tuti mengatakan bahwa harga cabai rawit merah pada awal 2017 pernah mencapai seratus ribu lebih per kilogram. Naiknya harga cabai itu tak sedikit membuat warga menanam cabai rawit sendiri di pekarangan atau halaman rumahnya. Permintaan pasar pun berkurang.

Tuti mengungkapkan bahwa gerakan warga menanam cabai rawit di perkarangan rumah ternyata membawa dampak yang signifikan terhadap harga di pasaran. Sementara satu di antara warga Kelurahan Sebalo, Kecamatan Bengkayang, Rina mengaku menanam cabai rawit di pekarangan rumahnya begitu harga cabai rawit di pasar Bengkayang naik.

"Biasanya dalam seminggu harus merogoh kocek membeli cabai rawit merah sebesar Rp10 ribu," kata Rina ditemui di Jalan Bukit Tinggi Bengkayang, kemarin. Hal senada juga diutarakan Era, warga Kelurahan Sebalo, Kecamatan Bengkayang. Era mengaku telah menanam cabai rawit di belakang rumah.

"Lumayanlah tidak lagi membeli cabai rawit di pasar setelah menanam di belakang rumah menggunakan pot," jelas Era ditemui di Jalan Sanggau Ledo. (cah/bah)