Senin, 23 September 2019


106 Personel Polres Amankan Lebaran di Bengkayang

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 956
106 Personel Polres Amankan Lebaran di Bengkayang

RAZIA GABUNGAN - Polres Bengkayang dan TNI menggelar razia kendaraan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1348 H. Melalui Operasi Ramadniya Kapuas (ORK), Polres menerjunkan 106 personel, untuk pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

BENGKAYANG, SP – Polres Bengkayang, siap menerjunkan 106 personelnya untuk pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Menurut Kapolres Bengkayang, AKBP Permadi Syahid Putra, sejak H-7, pihaknya sudah mengamankan sejumlah titik, termasuk yang dianggap rawan.  

"Kami juga memasang spanduk di lokasi rawan terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) dan bahaya lainnya," kata AKBP Permadi.   Kapolres mengatakan, ada empat target operasi, melalui Operasi Ramadniya Kapuas (ORK) 2017. Target operasi ini adalah tempat, orang, barang, dan kegiatan masyarakat lainnya.  

“Adapun target ORK tersebut seperti pusat perbelanjaan, pertokoan, mini market, pasar, pasar tumpah atau dadakan. Kemudian jalan umum, pemukiman dan rumah pemudik, masjid, tempat salat Idul Fitri, rumah makan, SPBU, penginapan dan makam,” tuturnya.   Sementara untuk target ORK orang, adalah masyarakat yang berbelanja untuk keperluan lebaran, takbiran, mudik dan balik, yang merayakan lebaran dengan rekreasi wisata dan silahturahmi. Polres Bengkayang juga mengawasi sopir atau pengendera angkutan umum, serta mengantisipasi teroris, serta pelaku kriminalitas.

  “Untuk target operasi tempat, seperti alat transportasi darat, laut dan udara. Kemudian Miras, Narkoba, makanan dan minuman kadarluwarsa, mercon, Senpi, amunisi dan bom. Kami menargetkan ORK 2017,” kata AKBP Permadi.   Kabag Ops Polres Bengkayang, Kompol Paino, kegiatan seperti ibadah baik, salat tarawih maupun salat Idul Fitri, kemudian ngabuburit atau buka puasa bersama, sahur keliling, belanja keperluan lebaran, takbir keliling, pembagian zakat fitrah, mudik dan balik, rekreasi dan wisata serta halal bihalal.  

"Ada 106 personel yang kami kerahkan untuk kekuatan ORK 217. Personel tersebut dikerahkan di beberapa titik yang telah ditentukan. Di mana sebanyak ada tiga pos pengamanan dan dua pos pelayanan,” ujarnya.   Untuk pos pengamanan pertama ada di Terminal Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya. Pos pengamanan kedua ada di Kecamatan Bengkayang, tepatnya depan Mess Pemkab Bengkayang.  

“Pos pengamanan ketiga di Kecamatan Ledo, tepatnya Simpang Jalan Ledo-Subah.Untuk pos pelayanan, ada di Pantai Samudera Indah dan Mimiland Kecamatan Sungai Raya Kepulauan,” pungkas Kompol Paino. (cah/mul)