Gidot Minta Aparatur Pemerintah Tertib Arsip

Bengkayang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 196

Gidot Minta Aparatur Pemerintah Tertib Arsip
ARSIP – Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, saat membuka acara pembinaan dan pelatihan kepada para pengelolaan arsip di tingkat desa, di Wisma Jovan, Kamis (30/8). Pelatihan ini diharapkan ke depan penyesunan arsip lebih efektif dan efesien. (SP/Narwati)
BENGKAYANG, SP - Dinas Perpustakaan dan  Kearsipan Kabupaten Bengkayang memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para pengelolaan arsip di tingkat desa, di Wisma Jovan, Kamis (30/8). Pelatihan ini diharapkan ke depan penyesunan arsip lebih efektif dan efesien.

Bupati Bengkayang Suryadman Gidot mengatakan, negara mengamanatkan pemerintah daerah memberikan dan melaksanakan pelatihan kearsipan kepada aparatur sipil.

“Kegiatan ini sangat strategis dalam rangka mempersiapkan tenaga ahli kearsipan di masa-masa mendatang sehingga lebih profesional,” kata Gidot.

Selain itu, dengan pengetahuan yang baik dalam kearsipan, pemerintah daerah hingga desa akan tertib administrasi. Dia menekankan arsip jangan hanya dipandang dari aspek fisiknya. Tanpa arsip tidak mungkin organisasi berjalan dengan baik,” ujarnya.

Gidot mengajak semua pihak untuk merenungkan kembali arti strategis arsip, serta menempatkan peran aparatur sebagai pencipta arsip masing-masing untuk turut serta berkiprah dalam pembinaan dan penyelenggaraan menuju tertib administrasi. “Mengimplementasikan dan melestarikan arsip akan menjadi memori kolektif bangsa," ucapnya.

Bupati meminta seluruh aparatur negara baik di tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten agar mengelola arsip dengan serius, agar generasi ke depan dapat memanfaatkannya dengan baik.

Hadir dalam acara tersebut  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Magdalena, Kepala Bidang Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Kalbar Ropina, sejumlah Kepala SKPD, Camat dan kepala desa, dan sekretaris desa se-Kabupaten Bengkayang. (nar/ang)