Ganggu Pelayanan, Bengkayang Kehabisan Blangko e-KTP

Bengkayang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 498

Ganggu Pelayanan, Bengkayang Kehabisan Blangko e-KTP
Bengkayang, SP- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Kabupaten Bengkayang terpaksa berhenti mencetak KTP elektronik. Mulai Oktober ini, stok blangko e-KTP kembali kosong.   

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Akam mengatakan selain blangko yang kosong, pihaknya juga kekurangan alat perekaman KTP elektronik.  

“Blangko kosong ini menyulitkan petugas Disdukcapil dalam pelayanan administrasi KTP elektronik, ditengah rencana Dirjen Kemendagri akan melakukan pemblokiran terhadap wajib e-KTP usia 23 tahun,”kata Ujar Akam, di ruang kerjanya, Kamis (25/10).  

Menurut Akam jumlah wajib e-KTP yang masih belum terekam sekitar 30 ribu jiwa atau masih tersisa 17 persen. “Yang sudah merekam 85 persen. Kami belum berani menjamin ketersediaan blangko e-KTP dengan waktu yang belum bisa ditentukan. Sebab juga terbentur anggaran,” jelasnya.   

Akam menjamin pelayanan administrasi NIK dan kartu keluarga di Kabupaten Bengkayang tetap dilakukan maksimal.   

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus berharap Disdukcapil sebagai Dinas Pelayanan Administrasi berulapa mencari solusi.

“Jika tidak memiliki anggaran untuk mengambil blangko di Jakarta, segera berkonsultasi ke tingkat pemerintah provinsi agar blangko segera tersedia,” ujar Frans. (nar)