Jelang Pemilu, Polres Bengkayang Perkuat Peran Kamtibmas

Bengkayang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 198

Jelang Pemilu, Polres Bengkayang Perkuat Peran Kamtibmas
Bengkayang, SP - Dalam rangka menjamin situasi kamtibmas kondusif menjelang Pemilu 2019, Polres Bengkayang menggelar tatap muka dengan camat, Danramil, Kapolsek, serta komponen pemerintahan desa.  

Tatap muka tersebut sebagai baagian Sosialisasi Pengawasan Dana Desa dan Cipta Kondisi Situasi Kamtibmas, khususnya mencegah kejahatan melalui media sosial di wilayah hukum Polres Bengkayang, Selasa (27/11).  

Wakapolres Bengkayang Kompol H Adiono Dwi Waluyo mengajak seluruh masyarakat mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2019.

“Saya berharap partisipasi dan kerja sama semua pihak terutama kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Terus tumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan dan kamtibmas,” ujar Kompol Adiono.  

Kompol Adiono juga mencermati pengelolaan Dana Desa. Berdasarkan hasil pemantauan sejak tahun 2015 hingga akhir tahun 2018 kasus korupsi Dana Desa mengalami peningkatan.  

Sedikitnya terjadi 181 kasus korupsi Dana Desa dengan tersangka 184 orang. Nilai kerugian negara akibat korupsi Dana Desa mencapai Rp 40,6 miliar. “Saya berharap para kades agar menggunakan Dana Desa sesuai peruntukannya,” kata Kompol Adiono.  

Wakapolres Bengkayang juga mengingatkan masyarakat cermat dan bijak dalam menggunakan media sosial. Masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita-berita yang beredar di medsos dan mencari tahu kebenarannya sebelum meneruskan berita tersebut.  

“Jenis berita yang satu ini (hoax-red), dapat memecahkan belah persatuan dan kesatuan di masyarakat yang sudah terjalin baik selama ini,” kata Wakapolres. (nar)