Bupati Gidot Resmikan PLTMH di Desa Sungkung II

Bengkayang

Editor Admin Dibaca : 147

Bupati Gidot Resmikan PLTMH di Desa Sungkung II
Bupati Bengkayang Suryadman Gidot meresmikan PLTMH di Desa Sungkung II
BENGKAYANG, SP - Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), di Dusun Kadok, Desa Sungkung II, Siding, kemarin. 

Warga setempat, akhirnya bisa menikmati penerangan atas kerja nyata pemerintah desa dengan memanfaatkan  Dana Desa 2018. 

PLTMH tersebut dibangun di Sungai Anif, Sungkung II, yang berjarak 1 km dari rumah penduduk. PLTMH itu dinikmati  sebanyak 78 Kepala Keluarga, dan fasilitas umum seperti sekolahan, serta gereja, dengan daya 48 KVA. 

Pembangunan PLTMH ini menghabiskan dana sebesar Rp700 juta dari Dana Desa yang awalnya yang dianggarkan sebesar Rp1,2 miliar.

"Pembangunan tersebut dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat Sungkung II," kata Gidot.

Gidot meminta kepada seluruh kepala desa untuk mengoptimalkan dana desa dalam membangun desa. 

Bupati juga meminta masyarakat Sungkung II menjaga turbin, dan juga melestarikan hutan yang ada. Di sekitar area PLTMH harus ditanami pohon, dan harus steril dari penebangan hutan di sepanjang sungai.

Kepala Desa Sungkung II, Amir mengatakan, pembangunan PLTMH tersebut murni menggunakan tenaga kerja dari desa, atau atas dasar  swadaya masyarakat.

"Itu berdasarkan kesepakatan kita bersama antara pemerintah desa dan masyarakat, agar pembangunan bisa dinikmati oleh masyarakat," kata dia.

Camat Siding, Idal  menjelaskan, saat ini ada sembilan PLTMH di  Siding sudah dibangun rata-rata menggunakan dana desa dengan anggaran terkecikl Rp300 juta dan terbesar Rp700 juta rupiah. (nar)