Dewan Minta Pemkab Fokus Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

Bengkayang

Editor Dede Dibaca : 211

Dewan Minta Pemkab Fokus Kembangkan Ekonomi Kerakyatan
Sekretaris Komisi II Bidang Pembangunan dan Perekonomian DPRD Kabupaten Bengkayang, Esidorus
  BENGKAYANG, SP - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkayang minta agar pemerintah Kabupaten Bengkayang lebih fokus mengembangkan ekonomi kerakyatan tahun 2019 untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

Selain mengembangkan sektor ekonomi kerakyatan, Pemkab Bengkayang juga diminta serius perhatikan tata kota dan ruang publik.

Sekretaris Komisi II Bidang Pembangunan dan Perekonomian DPRD Kabupaten Bengkayang, Esidorus,  mngatakan 80 persen  pendapatan masyarakat Kabupaten Bengkayang bersumber dari hasil pertanian.

"Saat ini dampak hasil pertanian masyarakat seperti jagung, padi, dan hasil perkebunan kelapa sawit, termasuk karet, masih belum dirasakan masyarakat," ujarnya, Selasa (5/3).

Menurutnya, untuk menunjang kesejahteraan masyarakat berbasis ekonomi kerakyatan, Pemeritah Kabupaten Bengkayang harus fokus dan lebih serius ikut membantu masyarakat dalam mengembangkannya.

27 April 2019 mendatang, Kabupaten Bengkayang sudah menginjak usia 20 tahun.  Permasalahan di bidang ekonomi kerakyatan secara merata, lalu sektor Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan, dan kesehatan di seluruh kecamatan harus bisa menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Bengkayang.

"Kita juga berharap tahun 2019 ini, Pemkab Bengkayang memikirkan rencana pembangunan infrastruktur jalan di 122 desa dan dua kelurahan, termasuk memperhatikan tata kota yang dinilai masih minim, yang saat ini belum belum sepenuhnya ditata dengan baik," pungkas anggota DPRD fraksi PDIP itu.

Sementara itu, Bupati Bengkayang , Suryadman Gidot, akan mengevaluasi capaian-capaian dan fokus pada penyelesaian masalah dasar, seperti insfratruktur jalan, jembatan, pelayanan, listrik, air bersih, dan persoalan sosial lain, di usia ke-20 Kabupaten Bengkayang.  

"Sudah barang tentu kita akan melakukan evaluasi RPJMD dan RPJP daerah, sehingga ke depannya semua persoalan bisa terjawab," ungkapnya.

Gebrakan apa pun yang akan dilakukan Pemerintah Daerah, tentu membutuhkan kesadaran bersama, partisipasi dari  masyarakat untuk bersama-sama membangun Bengkayang. (nar/lha)



Komentar