Minggu, 15 Desember 2019


Tidak Ada Warga Asing Masuk DPT Bengkayang

Editor:

Admin

    |     Pembaca: 230
Tidak Ada Warga Asing Masuk DPT Bengkayang

Ilustrasi

BENGKAYANG, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkayang memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bebas dari Warga Negara Asing (WNA). Hal tersebut dipastikan setelah KPU berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bengkayang.

"KPU Bengkayang memastikan tidak ada WNA yang terdaftar di DPT. Kami dah menyimpulkan seperti itu, karena hasil Koordinasi kami  dengan pihak Dukcapil," kata Anggota KPU Bengkayang, Lindawati, Rabu (13/3). 

Selain koordinasi dengan Disdukcapil, KPU juga menginstruksikan PPK dan PPS untuk menelusuri data WNA. "Kita berharap masyarakat untuk aktif melaporkan ke KPU apabila ada WNA yang masuk dalam daftar pemilih,” terang dia.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Bengkayang,  Akam mengatakan, berdasarkan database kependudukan data warga asing yang melakukan perekaman e-KTP ada satu orang. 

WNA tersebut atas nama: Paul D Geary, asal Indiana Amerika Serikat. Dia profesi sebagai dokter di Rumah Sakit Umum Bethesda Serukam, Samalantan.

Syarat yang akan dipenuhi, seperti memiliki paspor, kartu izin menetap dari Kantor Imigrasi, dan surat lapor diri di kepolisian. "Kalau itu sudah dipenuhi, tinggal bawa dan kita daftarkan. Bisa dapat KK dan KTP," ujar Akam.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Bengkayang, Yopi Cahyono mengutarakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah berkoordinasi dan menyurati Disdukcapil terkait data WNA yang  merekam dan memiliki e-KTP.

"Hasil Pengaawasan jajaran Pengawas Pemilu, tidak menemukan WNA masuk DPT," tegas Yopi. (nar/ang)