Dewan Bengkayang Tolak Pembangunan Terminal di Dekranasda

Bengkayang

Editor Admin Dibaca : 376

Dewan Bengkayang Tolak Pembangunan Terminal di Dekranasda
TERMINAL – Dekranasda Bengkayang rencananya bakal dialihfungsikan menjadi terminal tipe C. Rencana ini ditolak sejumlah dewan dan masyarakat Bengkayang.
BENGKAYANG, SP – Rencana Pemerintah Kabupaten Bengkayang membangun terminal angkutan umum tipe C di  Halaman Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkayang di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Bumi Mas, ditolak dewan. Mereka menilai, lokasi yang dipilih tersebut tidak tepat dan strategis.

"Saya kira ini mubazir. Kenapa saya bilang begitu? Tentu itu lihat strategi tempatnya, untuk mereka singgah, tentu kurang di tengah kota. Lokasi itu di ujung. Bukan di pusat kota yang strategis," kata Anggota DPRD Bengkayang, Siman Siahaan, Senin (18/3).

Dia meminta Pemkab Bengkayang mencari tempat lain jika ingin membangun terminal. "Saya minta cari tempat yang lebih tepat. Yang bisa membuat Bengkayang ini ada ‘muka’. Saya kira masih ada tempat lain yang lebih baik dari itu,” ucapnya. Meurut dia, pembangunan terminal di Halaman Dekranasda juga akan memerlukan lebih besar biaya. “Karena nanti aka nada yang dibongkar,” ujarnya.

Namun demikian, rencana pembangunan terminal itu layak atau tidak, dikembalikan lagi kepada masyarakat. Karena sudah selayaknya Bengkayang punya tempat persinggahan yang tertata dengan baik. "Bengkayang ini kan sudah berumur, masa sampai sekarang terminal pun belum ada. Ini yang saya prihatin. Sedih, kita memikirkan dibandingkan dengan kabupaten lain," ucapnya.

Sekretaris Komisi II Bidang Pembangunan DPRD Bengkayang, Esidorus mengatakan, jika rencana pemanfaatan areal Dekranasda menjadi terminal sementara oleh pemerintah, tentu nanti juga pemeritah harus  segera menata kembali terminal yang memadai.


"Karena kalau itu sifatnya sementara, tentu nanti Pemda perlu juga melakukan penataan. Sehingga dapat memudahkan masyarakat pengendara untuk berpergian. Karena selama ini kendaraan tidak ada tempat parkir," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang, Obaja mengatakan, untuk penataan kota dan penertiban kota perlu dibangun terminal. Untuk sekarang, pemeritah dengan dinas terkait sudah membicarakan soal itu. "Beberapa Minggu yang lalu, sehubungan dengan kesiapan penyediaan sarana dan prasarana, terminal sudah disiapkan secara administrasi, dan rencana kita kemarin memang di areal Dekranasda," kata Obaja.

Sekda menilai itu lebih memadai, dan baik. Karena di areal tersebut beberapa bangunan yang menunjang, seperti tempat berjualan yang memang sudah tersedia. "Pertemuan juga sudah kita lakukan, bagaimana cara membagi tugas dalam pelaksanaan pembangunan dan pembenahan . Perancangan terminal yang akan kita bangun," ucapnya. (nar/ang)