Senin, 23 September 2019


Kades Tawang Diduga Cabuli Anak Bawah Umur

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 2114
Kades Tawang Diduga Cabuli Anak Bawah Umur

PELAKU – Kepala Desa Tawang, terduga pelaku pencabulan anak di bawah umur ditahan Polres Bengkayang, Sabtu (30/3).

BENGKAYANG, SP - Kepala Desa Tawang, Kecamatan Siding, Bengkayang, (PS) resmi ditahan Polres Bengkayang lantaran diduga mencabuli anak bawah umur, Sabtu (30/3). Penahanan dilakukan berdasarkan Laporan Polisi atau LP/43/B/III/Res.1.24./2019/Kalbar/Res Bky/SPKT, 29 Maret 2019 tentang Tindak Pidana Persetubuhan dan atau Pencabulan. 

Kasat Reskrim Polres Bengkayang, AKP Michael Terry Hendrata menjelaskan, korban sejatinya masih keluarga. Laporan didapat polisi dari ibu korban. Pemeriksaan saksi pun sudah dilakukan.

Peristiwa pencabulan itu terjadi Jumat (8/3) sekira pukul 20.00 WIB di rumah sang kades. Mendengar cerita anaknya, sang ibu langsung melapor.

"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku sudah kita tahan dan akan dilakukan proses lebih lanjut,” kata AKP Michael Terry Hendrata, Minggu (31/3).

Pelaku diduga melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bengkayang berharap proses hukum  bisa berjalan dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah. 

"Mendengar kabar ini terus terang kita terkejut. Namun sebagai wadah organisasi para kades, kami yakin aparat penegak hukum dapat mengambil tindakan yang seadil-adilnya dalam hal ini," ujar Ketua APDESI Kabupaten Bengkayang, Rezza Herlambang.
Dalam waktu dekat, mereka akan menjenguk tersangka di Polres Bengkayang. 

"Kemungkinan kami bersama beberapa pengurus akan menjenguk ke Polres, dan kita lihat nanti prosesnya seperti apa," ujar Rezza. (nar/bls)