Disdukcapil Kehabisan Tinta Cetak E-KTP

Bengkayang

Editor elgiants Dibaca : 75

Disdukcapil Kehabisan Tinta Cetak E-KTP
Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang, Akam.
BENGKAYANG, SP - Pelayanan Percetakan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang terpaksa berhenti. Kondisi tersebut disebabkan tinta atau ribbon untuk mencetak KTP-EL habis sejak sebulan terakhir.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang, Akam. Ia mengatakan,  sejak sebulan terakhir pelayanan pencetakan perekaman KTP-EL terpaksa dihentikan. Pasalnya, ribbon untuk mencetak KTP elektronik habis. 

"Kendala kami selama ini dalam pelayanan admistrasi kependudukan terutama dalam hal pelayanan pendaftaran penduduk, yaitu penertiban KK dan KTP. Sementara untuk mencetak KTP elektronik kondisi ribbon kami sudah habis sejak April 2019 lalu," ujarnya, Senin (17/6).

Kata Akam, ribbon yang digunakan sekarang ini hasil pengadaan pada tahun 2018, jadi untuk pengadaan ribbon tahun 2019 masih dalam proses. Namun ia memastikan pertengahan bulan Juli semua sudah bisa diatasi, karena proses pengadaan sedang berlangsung. 

Sementara untuk blangko saat ini masih mencukupi , stok blangko cukup untuk antisipasi kurang lebih dalam dua bulan ini. Karena kesediaan blangko masih ada seribuan lebih. 

Selain itu kata Akam, kendala dalam berikan pelayanan pada masyarakat selama ini selain kehabisan blangko dan ribbon, juga  terjadinya  gangguan jaringan. Sering terjadi gangguan, server sering error, dan juga server yang digunakan sudah terlalu tua. 
"Server itu belum pernah melakukan peremajaan, sehingga sering error," tuturnya. 

Kemudan lanjut Akam, dari hasil rekaman TKP El tahun 2019 dari bulan April sampai sekarang mencapai 3 ribu lebih jiwa. Hal itu belum lagi ditambah dengan adanya perubahan data-data, baik yang hilang dan rusak. (nar/nak)