Sabtu, 14 Desember 2019


Pemkab Dorong Banyak Desa Mandiri di Bengkayang

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 241
Pemkab Dorong Banyak Desa Mandiri di Bengkayang

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal, Kabupaten Bengkayang, Dodorikus.

BENGKAYANG, SP - Pemerintah Kabupaten Bengkayang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal Kabupaten Bengkayang saat ini terus mendorong lahirnya banyak desa mandiri di Kabupaten tersebut.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal Kabupaten Bengkayang mencatat baru ada tiga desa yang berpredikat sebagai desa mandiri di kabupaten Bengkayang, dari 122 Desa dan 2 kelurahan.

Tiga desa tersebut yakni desa Sungai Duri, Desa Seluas dan Desa Lembang. Tiga desa tersebut dikatakan mandiri karena memenuhi kriteria seperti ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan ketahanan lingkungan. Hal tersebut sebagaimana di sampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal, Kabupaten Bengkayang, Dodorikus diruang kerjanya, Selasa (2/7). 

Dodorikus mengatakan, pemeritah Kabupaten Bengkayang juga terus mendampingi sejumlah desa lainnya untuk menuju peningkatan status desa. Mulai dari desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, dan desa maju serta menjadi desa mandiri.

"Sudah ada peningkatan desa mandiri dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kedepannya ada rencana penambahan desa mandiri yang saat ini berstatus sebagai desa maju," katanya. 

Berdasarkan penilaian Indeks Desa Mandiri (IDM) tahun 2019 saat ini di Bengkayang ada tiga desa mandiri, enam desa maju, 48 desa berkembang, 48 desa tertinggal, dan dua desa sangat tertinggal. 

"Jadi sudah ada peningkatan yang luar biasa dari sebelumnya," ujar Dodorikus.

Desa mandiri dinilai dari desa yang memiliki indikator tertinggi dari tiga komponen atau Indikator penilaian, yang dinilai dari letak ekonomi, sosial dan lingkungan.

"Ketiga indikator ini memiliki sub penilaian tersendiri. Dan jika digabungkan dari tiga indikator dan mendapatkan nilai di atas 0,8 itu dikatakan sebagai desa mandiri," cetusnya. 

Dodorikus berharap pada tahun selanjutnya ada penambahan status desa mandiri di Bengkayang. "Berdasarkan penilaian kita ada 6 desa maju yang sekarang ini bisa naik great menjadi desa mandiri.  Biasanya desa maju ini desa yang menjadi desa ibu kota kecamatan," pungkasnya. (nar/nak)