PDAM Bandarmasih Kunjungi Bengkayang

Bengkayang

Editor elgiants Dibaca : 89

PDAM Bandarmasih Kunjungi Bengkayang
KUNJUNGAN. PDAM Bandarmasih, Kota Banjarmasin melakukan kunjungan finalisasi program kemitraan solidaritas dengan PDAM Bengkayang, di Hotel Lala Golden Bengkayang, Selasa (13/8). Ist
BENGKAYANG, SP-  PDAM Bandarmasih, Kota Banjarmasin melakukan kunjungan finalisasi program kemitraan solidaritas dengan PDAM Bengkayang, di Hotel Lala Golden Bengkayang, Selasa (13/8). 

Kepala Urusan Kemitraan, Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi)  PDAM  Bandarmasih Kota Banjarmasin, Ruswanto mengatakan, kunjungan tersebut adalah dalam rangka finalisasi program solidaritas dengan PDAM Kabupaten Bengkayang. 

"Kunjungan kita hari ini berkenaan dengan Program Kemitraan Solidaritas PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin dengan PDAM Bengkayang, terkait dengan beberapa pilot projects sudah selesai dilakukan di PDAM Bengkayang, dan tepat waktu," ujarnya. 

Ruswanto berharap, ke depan selain PDAM Bengkayang, makin banyak PDAM di Indonesia yang mengikuti program unggulan Perpamsi ini. 

"Program ini untuk meningkatkan kinerja dari PDAM tersebut," ucapnya. 
Menurut Ruswanto, PDAM Bengkayang sudah memiliki kinerja yang baik di Kalbar. Ia harapkan dengan kegiatan ini akan menjadi lebih baik. 

"Semoga ke depan menjadi lebih baik, dan menjadi contoh bagi PDAM yang ada di Kalbar," harapnya. 

Direktur PDAM Bengkayang, Barudin mengucapkan terima kasih kepada mentor yang sudah membimbing PDAM  Bengkayang dalam menjalankan SOP, administrasi dan teknis dengan baik.

"Dalam program finalisasi ini untuk memperbaiki teknis, manajemen, admistrasi dan keuangan sesuai dengan SOP di Kabupaten Bengkayang," ungkap Barudin. 

Dia mengaku PDAM Bengkayang masih banyak kekurangan dalam hal berbenah diri, terutama dalam Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dalam hal ini banyak hal yang kita usulkan pada pemerintah terkait dengan air bersih, dan zona tentang pengelolaan air minum di Kabupaten Bengkayang. Terutama wilayah kota, daerah Selengko dan Kampung Kaum yang akan menjadi target ke depan," ucapnya. 

Dikatakan Barudin, pada dasarnya PDAM Bandarmasin dalam hal ini fasitator dari pusat mendukung, dan semoga solidaritas dan kerjasama ini tidak berakhir sampai di sini, walaupun finalisasi lebih cepat dan tepat waktu. 

"Maka solidaritas kita hari ini dikatakan sudah final karena sudah 100 persen lebih cepat," katanya. 

Lebih jauh diterangkannya, jumlah pelanggan PDAM di Kabupaten Bengkayang sudah mencapai 7.399 pelanggan. Untuk di ibu kota kabupaten sendiri sudah mencapai 95 persen cakupan pelayanan PDAM. Sementara untuk wilayah Kabupaten Bengkayang seluruhnya baru mencapai 14 persen . 

"Masih banyak yang diperlukan, namun masih ada beberapa yang dikerjakan oleh PU belum diserahterimakan kepada PDAM. Nanti kalau sudah diserahterimakan mungkin akan berubah status," pungkasnya. 

Untuk memberikan layanan PDAM yang lebih luas kepada masyarakat, dirinya sangat bersyukur, Pemerintah Kabupaten Bengkayang sudah bertekad menyerahkan asetnya kepada PDAM Bengkayang yaitu Sungai Betung, Ledo, dan Teriak. Tiga kecamatan ini akan diserahkan pengelolaannya kepada PDAM.

"Kalau sudah diserahkan PDAM Bengkayang harus berbenah diri, memperbaiki pelayanan," tegasnya. (Nar)

Komentar