Sabtu, 21 September 2019


KPK Geledah Kantor Bupati Bengkayang

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 1609
KPK Geledah Kantor Bupati Bengkayang

Aparat kepolisian berjaga di depan ruang kerja Bupati Bengkayang, sedang penyidik KPK menggeledah ruangan tersebut, Jumat (6/9) pagi.

BENGKAYANG, SP - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah ruang kerja pejabat Kabupaten Bengkayang, Jumat (6/9) pagi. Beberapa ruang kerja yang digeledah di antaranya ruang Bupati, ruang Kadis PUPR, dan ruang Kadis Pendidikan dan Kebudayaan. Ruang-ruang itu sejatinya sudah disegel KPK pascaoperasi tangkap tangan Bupati Suryadman Gidot di Mes Pemda Bengkayang di Pontianak, Selasa (3/9).

Dalam penggeledahan hari ini, tampak aparat kepolisian turut mengamankan lokasi. Area itu pun dibikin steril. Aktivitas ASN pun terpantau sepi. 

Sebelumnya, KPK telah menetapkan tujuh tersangka korupsi dengan modus jual beli proyek tersebut. Mereka adalah Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, Kadis PUPR Bengkayang Aleksius, dan lima orang kontraktor yakni 
Rodi, Yosef, Nelly Margaretha, Bun Si Fat  dan Pandus. 

Dalam OTT, KPK menyita uang tunai Rp336 juta. Kasus ini terbongkar setelah lembaga anti-rasuah itu mengendus adanya perintah permintaan uang Rp300 juta dari Suryadman Gidot kepada Kepala Dinas PUPR Aleksius dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agustinus Yan. Permintaan ini dilatari adanya keperluan urusan pribadi yang sedang dihadapi Gidot yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Barat ini.(nar)