Minggu, 20 Oktober 2019


25 Nama Kembalikan Berkas Pendaftaran

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 144
25 Nama Kembalikan Berkas Pendaftaran

PENJARINGAN - Sampai batas akhir waktu penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang, tanggal 16 September 2019, hanya 25 orang yang mengembalikan berkas pendaftaran ke PDIP.

BENGKAYANG, SP- Sampai batas akhir waktu penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang, tanggal 16 September 2019, ada sebanyak 25 orang  yang mengembalikan berkas pendaftaran ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Dari 25 bakal calon yang telah mengembalikan formulir pendaftaran tersebut, 12 orang yang mengajukan diri sebagai Bakal Calon Bupati, dan 13 orang yang mengajukan diri sebagai Bakal Calon Wakil Bupati.

Pendaftar berasal dari berbagai latar belakang, seperti pengurus Parpol, anggota DPRD, pensiunan, ASN, kalangan pengusaha, mantan anggota KPU hingga warga biasa. 

Nama-nama calon bakal bupati dan wakil bupati yang mengembalikan berkas pendaftaran di Sekretariat PDIP tersebut yakni, R.E. Nyarong.S.H,M.SC.M.H, Herman S., S.Si.M.H, Yohanes Pasti SH, M.H, Drs. Moses Ahie M.Si, Martinus Kajot,SM, Aiki, SH, Sebastianus Darwis SE,MM dan Yosua Sugara, SE, MM.

Selain itu ada pula, Drs.Kristianus Anyim, M Si, Ir.Siman Siahaan, Badaruddin, SH, Drs.Herman Ivo. M.Pd, Drs.Hendrikus Clement, Puji Suswanto, Libertus Hansen, SH, Carlos Djafara.M.Kes, dan Lilisiana, A.Md.

Kemudian nama lainnya yakni Yulius Heri, S.Pd.M.Pd, Mok Fo Tjhiu/Andi Max,SH, dan Darius Banding, Irawan S.Sos, Muchdy, BA, Edy. A.SH, Kompol (Purn) Rurahmad dan Yohanes.

Tingginya minat warga Bengkayang mendaftar di PDIP mendapat sambutan baik dan Positif dari Ketua DPC PDIP Kabupaten Bengkayang dan jajaran pengurus lainnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bengkayang Esidorus menegaskan,  tingginya minat warga Kabupaten Bengkayang baik pengurus Parpol, anggota DPRD, ASN, Pensiunan, tokoh masyarakat, pengusaha dan bahkan masyarakat biasa juga mendaftar artinya Partai PDIP mendapat kepercayaan masyarakat.

"Tugas partai politik adalah mencetak sekaligus merekrut pemimpin, oleh karenanya PDI Perjuangan Bengkayang menyadari bahwa partai ini adalah milik publik," ujarnya, Selasa (17/9).

Lanjut Esidorus,  banyaknya yang mendaftar sebagai calon kepala daerah melalui PDIP dapat dimaknai bahwa partai ini mendapat kepercayaan sekaligus menjadi harapan masyarakat dalam rangka mengadirkan pemimpin yang memiliki kapasitas dan berintegtritas untuk mengabdikan diri bagi Kabupaten Bengkayang.

"Saya yakin bahwa dengan proses rekrutmen pemimpin yang baik pasti hasilnya juga baik. Karena tujuan utama demokrasi adalah tercapainya kesejahteraan umum.  Selanjutnya kami serahkan kepada publik Bengkayang untuk menilai setiap calon yang mendaftar di PDIP," ucap Anggota DPRD yang terpilih kembali ini. 

"Silahkan memberikan informasi, masukan bahkan kritikan agar calon yang akan di rekomendasikan oleh Partai PDIP benar-benar sesuai dengan harapan kita bersama," tambahnya. (nar)

Melebihi Target yang Ditetapkan

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Bengkayang, Eddy mengatakan, untuk para pendaftar selanjutnya Tim Verifikasi yang telah dibentuk oleh DPC, akan bekerja melakukan verifikasi terhadap kebenaran data dan informasi yang telah disampaikan melalui pengisian formulir pendaftaran. Verifikasi terhadap data dan informasi tersebut tidak hanya bersifat administrasi tetapi juga secara faktual.

Sementara terhadap nama-nama Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang telah dianggap memenuhi syarat oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bengkayang, akan segera disampaikan kepada DPP PDI Perjuangan, melalui DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat. 

"Prinsipnya kami hanya mempunyai kewenangan melakukan penjaringan terhadap Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dalam ketentuan Peraturan PDI Perjuangan, DPC harus menyampaikan sekurang-kurangnya dua Bakal Calon, kalau sekarang yang daftar udah 25 orang, ini luar biasa dan melebihi target yang telah kami tetapkan," ucap Eddy. 

Selanjutnya, nama-nama bakal calon yang sudah disampaikan kepada DPP, nanti akan mengikuti kegiatan tes-tes yang diselenggarakan oleh DPP PDI Perjuangan. 

"Saya berkeyakinan, bahwa DPP akan mempertimbangkan kapasitas, kapabilitas, integritas dan moralitas Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sebelum memberikan rekomendasi kepada Bakal Calon. Pertimbangan politik tentu juga akan menjadi pertimbangan karena kondisi saat ini, PDI Perjuangan hanya memiliki 4 kursi di DPRD Kabupaten Bengkayang, berarti dibawah 20 persen, sehingga tidak dapat mengusung sendiri, dengan demikian mesti melakukan komunikasi politik dengan Partai politik lain, kita siap bekerjasama dengan kawan-kawan Pimpinan Partai lain yang tentunya mempunyai komitmen bersama untuk memajukan Kabupaten Bemgkayang," tegas Eddy. (nar)