Minggu, 20 Oktober 2019


Mahasiwa STP Bali Asal Bengkayang Gelar West Borneo Travelution

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 156
Mahasiwa STP Bali Asal Bengkayang Gelar West Borneo Travelution

MAHASISWA STP BALI - Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali asal Kabupaten Bengkayang akan menggelar kegiatan West Borneo Travelution. Kegiatan direncanakan akan digelar pekan depan Kamis (26/9) di Aula Joop Ave STP Bali.

Sebanyak 72 mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali asal Kabupaten Bengkayang akan menggelar kegiatan West Borneo Travelution. Kegiatan ini menjadi ajang untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kalimantan Barat.

Ajang untuk mempromosikan dan meningkatkan keinginan masyarakat melakukan perjalanan wisata dengan mempertemukan calon pembeli potensial dan biro perjalanan wisata ini, rencananya akan berlangsung di Aula Joop Ave STP Bali, Kamis (26/9) mendatang.

Ketua Panitia, Agus Albertus mengatakan, peserta yang akan dilibatkan sebagai seller sebanyak delapan travel agent, dimana satu diantaranya adalah travel agent dari Kalbar yakni Amazing Borneo.


“Sebagai buyers, seluruh civitas akademika STP Bali, mahasiswa kelas Internasional Universitas Udayana, siswa dan siswi SMA/SMK di sekitar Badung dan Denpasar Bali akan dilibatkan," jelasnya melalui pesan WhatsApp, belum lama ini.

Mahasiswa semester tujuh, Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan asal Kabupaten Bengkayang ini menambahkan, pihaknya juga mencoba menggandeng Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar untuk menjadi salah satu narasumber talk show dalam kegiatan tersebut.

“Adapun tujuan kegiatan ini nantinya kami ingin pengunjung mengetahui pariwisata Kalimantan Barat,  karena aset wisata yang kita miliki masih banyak yang belum digarap secara serius," jelasnya.

Kegiatan yang mengangkat tema "Travel Solution and Revolution of West Borneo in Digital Era 4.0 ini juga untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan suatu bentuk kegiatan pengolahan dan pemasaran produk wisata. Mengaplikasikan pembelajaran Aplikasi Manajemen sebagai salah satu mata kuliah perjalanan wisata.

“Kegiatan ini sebenarnya tuntutan dari Aplikasi Manajemen dari STP Bali, namun kami menganggap ini adalah peluang untuk memperkenalkan budaya, alam, maupun destinasi pariwisata yang ada di Kalbar. Dan Puji Tuhan STP Bali membuka diri untuk memberikan kesempatan kepada kami (mahasiswa dari Bengkayang) untuk merealisasikan ide tersebut," jelas Agus.

Agus menambahkan, ada 72 mahasiswa asal Kabupaten Bengkayang di STP Bali yang juga terlibat dalam kegiatan ini. Mereka dari angkatan 2015 dan angkatan 2016. Untuk yang menyelenggarakan kegiatan ini sendiri adalah mahasiswa penerima Beasiswa Utusan Daerah (BUD) Kabupaten Bengkayang yang mengambil Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan.

“Kita ada 29 orang mahasiswa, terdiri dari 26 mahasiswa dari Bengkayang dan ditambah tiga orang dari Bali,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, Made Darmiati, mengungkapkan, sejak awal saat mahasiswa (Prodi MBP) Bengkayang mengajukan bentuk aplikasi manajemen dengan bentuk promosi khusus Kalimantan Barat, pihaknya sudah sangat tertarik dan merasa senang.

"Sejak awal mereka mengajukan bentuk aplikasi manajemen dengan bentuk promosi khusus, kami sangat tertarik dan merasa senang, rupanya anak-anak kami tidak lupa dari mana mereka berasal, Kalimantan Barat," ucapnya.

"Secara khusus Kabupaten Bengkayang butuh anak-anak muda untuk berbenah dalam bidang pariwisata dan kami sangat mendukung," tambah Made Darmiati.

STP Bali adalah perguruan tinggi negeri kedinasan di Bali, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1978. Pemilik dan penanggung jawab perguruan tinggi ini adalah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. 

Hingga kini, STP Nusa Dua sudah meluluskan lebih dari 4.000 tenaga ahli kepariwisataan. Banyak mahasiswa STP Nusa Dua sudah dikontrak oleh hotel, biro wisata, dan lembaga kepariwisataan sebelum menyelesaikan pendidikan D2, D3, D4, dan S.1. (Nar)