Senin, 18 November 2019


50 Desa di Bengkayang Akan Pilkades Serentak

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 217
50 Desa di Bengkayang Akan Pilkades Serentak

FOTO BERSAMA - Foto bersama forkopimda dan para kades usai melakukan sosialisasi Pilkades tahun 2019, di Kantor Bupati Satu Atap.

BENGKAYANG,SP- Pemerintah Kabupaten Bengkayang menggelar sosialisasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang ke 3 tahun 2019 di Kabupaten Bengkayang. Acara digelar di Kantor Bupati Bengkayang, Selasa (24/9).

Turut hadir Wakil DPDR Kabupaten Bengkayang, Kapolres Bengkayang, Damdim1202 Skw, Danramil, Kapolsek, para Camat, para kepala Desa, dan DPD Kabupaten Bengkayang.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkayang dalam hal ini diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Luter Wongkar menyatakan, penyelenggaraan Pilkades serentak mengacu pada Undang-Undang Dasar Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Mentri dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2017 serta Peraturan Daerah tahun 2017.

Menurut Luter, Pilkades Serentak di 50 desa di Kabupaten Bengkayang nantinya akan dilaksanakan secara transparan, akuntabel dan professional, sehingga diharapkan dalam pelaksanaan berjalan dengan aman dan sukses tanpa ada gejolak di masyarakat.

"Langkah awal yang dilakukan kepada para camat memfasilitasi proses Pilkades dengan bekerjasama dengan Forkopimcam, ikuti aturan yang berlaku. Konsultasikan kecamatan jika ada masalah di lapangan.  Semoga Pilkades tahun ini  berjalan dengan aman dan lancar," harapnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang Jonedhi berharap dalam Pilkades tahun 2019 ini dapat menghasilkan kades yang berkualitas dan dapat membangun bagi desanya.

"Selamat atas sosialisasi Pilkades Serentak Gelombang ke 3 di Kabupaten Bengkayang Tahun 2019. Dengan diselenggarakannya Pilkades ini semoga mendapatkan kepala desa yang berkualitas untuk dapat membangun kabupaten yang kita cintai ini.  Ke depanya, kita berharap Pilkades serentak ini dapat berjalan dengan aman dan tertib,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua P-ABDESI Kabupaten Bengkayang Rezza Herlambang mengatakan, terlaksananya Pilkades 50 desa di Bengkayang ini tentu menjadi angin segar bagi desa-desa, lantaran selama ini sempat beredar kabar pilkades akan ditunda.

"Kepastian tentang akan dilaksanakannya Pilkades 2019 merupakan angin segar bagi desa-desa yang tahun ini kadesnya akan berakhir masa jabatan. Dengan terpilihnya kades definitif dalam Pilkades sesuai dengan jadwal nanti, diharapkan keberlangsungan roda pemerintah desa tetap terjaga," ujar Rezza yang juga merupakan Kepala Desa Sungai Duri. 

Selain itu, keberlanjutan program-program di desa juga diharapkan tidak akan terkendala. PAPDESI selaku wadah bagi aparatur pemerintah desa mendukung penuh penyelenggaraan Pilkades yang sesuai dengan aturan dan ketentuan yg berlaku.

"Kemudian kami mengajak semua stokeholder khusus nya di desa-desa untuk membantu panitia yang nanti akan bekerja, memastikan tahapan pilkades ini berlangsung dengan aman, sejuk dan demokratis,” katanya. (nar)

Pelatihan Panitia Tingkat Desa

Kades Marunsu, Kecamatan Samalantan Heriadi Mukmin mengaku sangat bersyukur atas terlaksananya Pilkades tahun ini. Desanya menjadi satu dari 50 desa yang akan Pilkades tahun 2019 ini. Saat ini pembentukan dan pelatihan panitia tingkat desa sedang berjalan. 

"Yah kita bersyukur dan berterimakasih atas semua pihak yang telah berupaya sehingga Pilkades Serentak 2019 dapat dilaksanakan. Dan saat ini juga  pembentukan panitia pilkades tingkat desa sudah, dan sedang diadakan pelatihan panitia. Kita berharap semua tahapan berjalan dengan baik. Aman dan lancar," katanya. (nar)