Minggu, 15 Desember 2019


Pelantikan Pimpinan DPRD Definitif Tunggu SK Gubernur

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 201
Pelantikan Pimpinan DPRD Definitif Tunggu SK Gubernur

ANGGOTA DPRD - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkayang periode 2019-2024 hingga saat ini belum melaksanakan pelantikan pimpinan definitif. IST

BENGKAYANG, SP - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkayang periode 2019-2024 hingga saat ini belum melaksanakan pelantikan pimpinan definitif. Pasalnya, pelantikan tersebut masih menunggu surat keputusan atau SK dari Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Sekretaris DPRD kabupaten Bengkayang, Darwis mengatakan, pasca dilantiknya 30 orang anggota DPRD Kabupaten Bengkayang periode 2019-2024 pada 9 September 2019 lalu, sampai saat ini belum melakukan pelantikan terhadap pimpinan atau ketua DPRD definitif. Pelantikan dan sumpah janji jabatan akan dilakukan setelah ada Surat Keputusan dari Gubernur Kalbar.

"Setelah ada penetapan Ketua Pimpinan DPRD sementara, maka kita mengusulkan pimpinan definitif. Dengan beberapa syarat, dan kita usulkan ke gubernur Kalbar melalui Pemkab Bengkayang. Dan setelah itu kita menunggu apabila SK sudah terbit kita akan melakukan pelantikan atau pengambilan sumpah kepada pimpinan DPRD," ujar Darwis, Rabu (8/10).

Darwis mengatakan, ada tiga nama yang sudah diusulkan yang terdiri dari satu orang ketua, dan dua orang wakil ketua. Setelah dilakukan pelantikan terhadap pimpinan definitif, akan dibentuk alat-alat kelengkapan dewan seperti pembentukan komisi, badan anggaran, Bapemperda, dan Bamus.

"Tiga nama pimpinan DPRD kabupaten Bengkayang sudah diusulkan sesuai dengan perolehan  kursi terbanyak atau partai pemenang pada pemilu 2019. Dan penunjukan pimpinan DPRD sesuai hasil kesepakatan internal partai masing-masing mulai dari tingkat DPC, DPD, dan DPP yang diusulkan ke Gubernur melalui Bupati Bengkayang. Setelah pelantikan baru berjalan kegiatan-kegiatan DPRD secara normal," ujarnya.

Usulan sebagai ketua DPRD kabupaten Bengkayang Fransiskus dari Partai Gerindra dengan perolehan kursi terbanyak yaitu lima kursi. Wakil ketua Jhonedi partai Demokrat dengan perolehan lima kursi, dan wakil ketua Esidorus dari partai PDIP dengan perolehan empat kursi pada pemilu 2019.

"Kita memastikan nama-nama yang akan menjadi pimpinan ini sudah siap dilantik. Namun masih menunggu keputusan Gubernur Kalbar. Lebih cepat lebih baik," terangnya.

Kasubbag Kajian dan Perundangan-undangan Sekretariat DPRD kabupaten Bengkayang memastikan, pelantikan dilakukan sebelum akhir bulan Oktober 2019. Pimpinan DPRD periode 2019-2024 sudah definitif.

"Kita sudah melakukan paripurna DPRD dua minggu lalu terkait dengan ketua definitif DPRD. Sesuai dengan surat Gubernur Kalbar permohonan akan disampaikan ke gubernur melalui bupati. Kita sudah sampaikan berkas-berkas paripurna, berita acara paripurna penetapan dan surat ketua DPRD sementara kepada bupati. Syarat yang kita ajukan ke gubernur terhadap tiga unsur pimpinan DPRD yang terdiri dari pemenang Pemilu 2019 dengan melampirkan SK DPP, DPD, DPC yang asli. Itu sudah kita sampaikan, dan sekarang tinggal menunggu keputusan gubernur dalam penetapan ketua DPRD definitif," jelas Martinus.

Jika DPRD sudah ditetapkan oleh gubernur pengesahannya, maka akan dilakukan paripurna pengambilan sumpah janji jabatan pimpinan DPRD. (Nar)