Kamis, 21 November 2019


Kades Sungai Duri Bangga Karya Officer Retech Solution Indonesia

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 414
Kades Sungai Duri Bangga Karya Officer Retech Solution Indonesia

Chief Executive Officer Retech Solution Indonesia, Wijanarko Hudi, yang akan mewakili Indonesia pada Konferensi Inovasi Global di Berlin, Jerman 6 November 2019

BENGKAYANG, SP - Kepala Desa Sungai Duri, Rezza Herlambang mengaku bangga akan prestasi pemuda di desanya. Sebagai desa pesisir, masyarakat Desa Sungai Duri, tentu ingin memiliki pemuda-pemuda harapan masyarakat.

"Kami tentu saja sangat bangga dengan capaian yang sudah dibuat oleh pemuda desa Sungai Duri yang tergabung dalam tim Retech ini. Meskipun sebenarnya kami juga tidak terlalu terkejut karena dari awal mereka memang punya prestasi yg menonjol di berbagai bidang,” kata Reza.

Yang lebih membanggakan, lanjut Reza, adalah saat mereka mau pulang ke kampung menerapkan konsep teknologi tepat guna yang sudah mereka kuasai sehingga nantinya bisa berkontribusi untuk kemajuan desa. Baru- baru ini juga pihaknya diundang  untuk kegiatan diskusi bersama tim penyusun anggaran RKPDes 2020.

"Kami berharap dari diskusi tersebut bisa muncul terobosan dan inovasi baru khusus nya menyangkut masalah sampah dan air bersih yang merupakan masalah utama di daerah kami. Jika konsep ini berhasil mungkin bisa dimassalkan diseluruh daerah," papar Ketua P-ABDESI Kabupaten Bengkayang tersebut.

Pada kesempatan tersebut, atas nama pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada Pemda Bengkayang atas bantuan beasiswa kepada pemuda-pemuda. Yang salah satunya yaitu atas nama Wijanarko Hudi yang sekarang tergabung dalam Tim Retech.

“Semoga program Pemda Bengkayang ini bisa terus digulirkan sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM pemuda desa yang nantinya digunakan untuk membangun daerah tercinta," ucap haru Rezza.

Ia juga mengharapkan program pengurangan sampah yang akan digarap oleh Tim Retech bersama Pemerintah Desa Sungai Duri bisa mendapat dukungan dari semua pihak termasuk Pemda Bengkayang.

Adapun topik pada konferensi tersebut adalah bagaimana peran teknologi dan inovasi dalam menjawab permasalahan sosial di dalam masyarakat pada suatu negara.

Retech Solution Indonesia merupakan perusahaan rintisan (start up) yang baru dibentuk pada tanggal 1 Januari 2019 oleh beberapa pemuda asal Desa Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang.

Retech Solution Indonesia sendiri merupakan start up jasa konsultansi yang fokus menangani permasalahan bidang lingkungan hidup, energi, dan pertanian.

Ide awal dalam merintis didapatkan dari melihat banyaknya permasalahan lingkungan hidup terutama dalam pengelolaan sampah dan air bersih yang tak kunjung selesai di negara Indonesia ini.

Beberapa pemangku kepentingan yang berkewajiban menangani masalah tersebut kurang melakukan koordinasi dan sinergitas dengan pemangku kepentingan lainnya sehingga penanganan menjadi lambat dan tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu sangat diperlukan manajemen pengelolaan yang baik dan sinergis agar diperoleh hasil yang optimal. Retech hadir sebagai agen konsultansi dalam menjembatani antara pemangku kepentingan dengan masyarakat dalam hal manajemen pengelolaan sehingga kebijakan yang diputuskan dapat tepat sasaran dan untuk kepentingan masyarakat umum. 

Retech diharapkan dapat menjadi mitra instansi pemerintah, perusahaan, organisasi, komunitas, dan LSM yang membutuhkan jasa konsultansi di tiga bidang tersebut. (nar)