Rabu, 11 Desember 2019


Rasakan Langsung Manfaat BUD, Masyarakat Kurang Mampu Ucapkan Terima Kasih kepada Pemda Bengkayang

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 331
Rasakan Langsung Manfaat BUD, Masyarakat Kurang Mampu Ucapkan Terima Kasih kepada Pemda Bengkayang

Ronald Bryan Vikario, salah satu dari 34 penerima program BUD tahun 2015, yang kuliah di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang.

BENGKAYANG, SP - Program Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang, melalui Beasiswa Utusan Daerah (BUD) yang dikuncurkan melalui APBD kabupaten Bengkayang setiap tahunnya berdampak sangat baik terdapat dunia pendidikan di kabupaten Bengkayang.

BUD ini sudah lama di programkan oleh pemerintah guna membantu masyarakat yang kurang mampu sehingga bisa mengenyam pendidikan. Terlebih hal tersebut searah dengan visi misi Bupati Bengkayang Suryadman Gidot untuk memajukan SDM dibidang  pendidikan di Kabupaten Bengkayang.

Menurutnya, pendidikan merupakan hal yang sangat penting demi kemajuan daerah. Mengingat, secara ekonomi masyarakat banyak yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan.

Program BUD itulah yang dilakukan Pemkab untuk memberikan kesempatan kepada Putra-putri terbaik dan berprestasi namun tak mampu secara ekonomi dibantu oleh pemerintah.

Manfaat dari program ini sudah banyak di rasakan, dan sudah menamatkan ratusan mahasiswa diberbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ada di Bali, Yogyakarta, Bandung, Salatiga dan tempat lainnya termasuk juga  di Kalbar sendiri. Ada program Kedokteran, Kesehatan Ahli Gizi, Perawatan Gigi, Pariwisata, Bidan, Pertanian dan Guru, serta SLB dan lain-lain.

Ronald Bryan Vikario, merupakan salah satu dari 34 penerima program  BUD tahun 2015 di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang. Ia kuliah di Jurusan Pertanian Yogyakarta dan Program Studi Penyuluhan Pertanian. 

Alumni BUD ini sangat bersyukur dan berterima kasih kepada program baik pemerintah, yang di pimpin oleh Bupati Bengkayang Suryadman Gidot. Ia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Bengkayang, terutama kepada Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, yang telah merealisasikan program BUD.

“Sehingga kami bisa mencicipi bangku kuliah di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang. Kini kami teklah lulus dan jadi sarjana seperti sekarang ini," ujar Ronald.

Ronald menceritakan, jika tidak ada program BUD mungkin dirinya tidak mungkin mendapat berkesempatan untuk kuliah. Tentu, program tersebut sangat membantu keluarganya, serta teman seangkatannya. Menurutnya, peran pemerintah terhadap masyarakat sangat baik, dan tentu kami yang sudah lulus ini sungguh merasa bersyukur, atas jasa dan bantuan Pemkab Bengkayang.

“Pertama, Pemkab Bengkayang telah membiayai perkuliahan kami hingga lulus menjadi sarjana. Yang kedua Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang yang telah membimbing dan mengajar,  serta membuka wawasan kami di dunia pertanian, agribisnis dan entrepreneur," ujarnya.

Ronald berharap, dengan ilmu yang ia dapatkan selama kuliah nanti dapat di aplikasikan kepada masyarakat dan untuk kabupaten, terutama dalam pengembangan teknologi pertanian, serta bagaimana mengembangkan pertanian yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Ronald juga merasa sangat senang dan bangga karena telah mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, dan bangga dengan kabupaten Bengkayang yang peduli akan pendidikan dan membuka peluang besar kepada orang yang dikatakan tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Pesannya kepada Pemkab Bengkayang,  bangun terus SDM di Kabupaten Bengkayang, agar masyarakat masyarakat kabupaten Bengkayang dapat mempunyai kualitas yang semakin baik. Harapannya juga ilmu yang diperoleh dapat berdampak di dunia pertanian, khususnya di Kabupaten Bengkayang. 

“Kami sebagai alumni berharap kedepannya, Pemkab Bengkayang memiliki program didunia pertanian, peternakan, dan perkebunan, sehingga dapat melibatkan kami untuk sama-sama membangun dunia pertanian di Kabupaten Bengkayang agar semakin berkembang," pungkasnya. (nar)