Selasa, 21 Januari 2020


Profil Destaria, Pemuda Penggerak Pembangunan Desa, Siap Maju Pilkades Lembang

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 485
Profil Destaria, Pemuda Penggerak Pembangunan Desa, Siap Maju Pilkades Lembang

Profil Destaria, Pemuda Penggerak Pembangunan Desa, Siap Maju Pilkades Lembang

BENGKAYANG, SP - Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Destaria Wiwit Kusmanto, menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi dalam kontestasi Pilkades Tahun 2019.

Desta, panggilan akrabnya, siap mewujudkan demokratisasi yang berkualitas. Sebagai pemuda, tentu ia sangat berharap agar bisa membawa Desa Lembang ke arah yang lebih baik, termasuk proses demokrasi.

Menurut Desta, peran pemuda dalam pembangunan desa, tentu sangat besar. Mengingat, untuk memajukan sebuah desa dan menata masa depan desa yang baik, adalah dengan menata generasi mudanya dengan baik.

“Salah satunya, dengan proses demokrasi yang berkualitas, sehingga menghasilkan Kepala Desa yang berkualitas pula,” paparnya, saat ditemui suarapemredkalbar.com, usai mengikuti deklarasi Pilkades Damai tahun 2019 di Kantor Bupati Bengkayang, Kamis (12/12/2019).

Pada prinsipnya, lanjutnya Desta, ia selalu siap siaga setiap saat. Saat ini, paparnya, secara umum Desa Lembang adalah desa dengan suasana yang  kondusif, bahkan para calon biasa berkumpul bersama-sama untuk berdiskusi kreatif dan membangun.

“Kita semua berkomitmen untuk membangun dan wujudkan proses demokrasi  yang berkualitas di desa Lembang. Yaitu dengan bersama-sama mengawal Pilkades 2019," ujar Desta.

Desta melanjutnya, visi dan misinya sebagai Calon Kades adalah ingin membina generasi muda, karena kemajuan sebuah desa dan kekuatan suatu bangsa terletak pada diri pemuda. Apabila kalangan muda bisa mengembangkan kreatifitas, sumber dayanya, dan semua potensi yang ada, maka desa tersebut akan tumbuh berkembang dengan baik.

"Setiap perubahan yang ada itu dari pemuda. Jadi pemuda itu perannya tulang punggung pembangunan, baik itu di desa atau di negara ini," ucapnya.

Desta juga berkomitmen untuk membawa Desa Lembang yang saat ini menjadi salah satu desa dengan status Desa Mandiri yang ada di Kabupaten Bengkayang, menghasilkan sebuah demokrasi yang berkualitas.

"Kita mau proses demokrasi benar-benar berkualitas. Apalagi status Desa Lembang saat ini adalah Desa Mandiri. Tentu secara SDM sudah berkualitas, jadi harus juga proses demokrasi juga berkualitas," tuturnya.

Desta menjelaskan, secara pribadi niatnya adalah membangun Desa Lembang lima tahun kedepan. Sehingga desa yang berstatus mandiri ini benar dalam artian yang sesungguhnya. Terlebih, kata Desta, di Desa Lembang kehidupan kemajemukan masyarakat sangat tinggi, terdiri dari bermacam suku dan agama, dan saat ini indeks toleransi sangat terjaga dengan baik.  

"Itu tanggung jawab kita untuk terus jaga dan meningkatkan itu. Saya mengajak diri saya pribadi dan semua para calon kades yang ada baik di desa Lembang maupun di 50 desa, sama-sama mensukseskan pesta demokrasi tingkat desa sehingga  aman dan berkualitas. Sesuatu yang sesuai dengan apa yang di ucapkan saat deklarasi hari ini," ucapnya.

Desta berharap, desa-desa di kabupaten Bengkayang dapat benar-benar memaksimalkan peran pemuda sebagai salah satu penggerak pembangunan desa di bidang sosial terutama ekonomi kreatif. Sehingga kedepan Bengkayang kuat karena ada pemuda yang kuat.

Desa Lembang adalah salah satu dari 50 desa yang akan Pilkades tahun 2019 ini, dengan jumlah pemilih mencapai 3344 yang terdiri dari enam TPS dari   tiga dusun. (nar)