Bayuh: Angkasa Pura II Supadio Targetkan 3 Juta Penumpang

Bisnis

Editor sutan Dibaca : 808

Bayuh: Angkasa Pura II Supadio Targetkan 3 Juta Penumpang
BANDARA- Pembangunan Bandara Supadio, Pontianak beberapa waktu lalu. (SP/ Yodi)
PONTIANAK, SP - General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro menargetkan jumlah pergerakan penumpang tahun 2016 mencapai 3 juta penumpang.  Angka yang dipatok dalam target tersebut realistis,  melihat pertumbuhan jumlah penumpang.

"Ini kita lihat pada November, penumpang di Supadio meningkat 7,72 persen dibanding tahun lalu. Kenaikan tersebut sangat signifikan," kata Bayuh. 

Bayuh memaparkan PT Angkasa Pura II juga telah hampir merampungkan pembangunan terminal baru yang mampu menampung sebanyak 3,5 juta penumpang dalam setahun.

"Yang mana nantinya ketika sudah jadi, total area bandara ini akan mencapai luas 43 ribu meter persegi. Dengan luas area parkir mampu menampung 600 mobil dan 100 bus," ujarnya.

Dalam hal ini, lanjut Bayu, berbagai maskapai berlomba mengambil tempat dan waktu untuk melakukan penerbangan. Ia mengibaratkan Pontianak ibarat gula, dan airlines adalah ‘semut’nya. 

Menurutnya, rute Pontianak menuju Jakarta dan sebaliknya, merupakan rute yang paling banyak dilayani di Bandara Supadio Pontianak. Kondisi ini disebabkan peningkatan jumlah kelas yang dibuka oleh masing-masing maskapai penerbangan.

Dilihat dari penumpang,  Bayu memandang penumpang yang datang ke Pontianak sebagian besar dari kalangan pengusaha. Sedangkan untuk kunjungan wisata ke Pontianak jumlahnya masih terbilang kecil. 

"Memang kita melihat mereka yang datang tujuannya untuk berbisnis, barulah diselingi dengan berwisata dan yang lainnya," tutupnya. (ova)