Selasa, 17 September 2019


Harga Karet di Melawi Naik

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1112
Harga Karet di Melawi Naik

Ilustrasi

NANGA PINOH, SP – Naiknya harga karet pada dua pekan terakhir, membuat para petani di Melawi kembali bergairah. Harga karet yang biasanya dikisaran harga Rp 5 ribu, kini mencapai Rp 8 ribuan per kilogram.
 
“Sebelumnya, hanya Rp6.500 per kilogram, sejak seminggu lalu sudah berani membeli karet Rp8.100 per kilogram,” kata Sabilil Muhtadin, Ketua Koperasi Berkah Alam Melawi, yang juga merupakan pengurus Koperasi Usaha Penampungan Karet (KUPK) Desa Manggala, Kecamatan Pinoh Selatan. 

Menurut Sabilil, tingginya harga karet ini telah terjadi peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya petani yang menjadi anggota koperasi.

“Semoga harga ini stabil hingga beberapa waktu ke depan, ataupun selamanya,” paparnya.

Tidak hanya itu, lanjut Sabilil, para petani juga sudah semangat menjaga kualitas karet yang mereka hasilkan. Bahkan akhir-akhir ini, para petani sudah membuat karet dengan kualitas bagus sesuai keinginan pabrik. 

“Bagaimanapun kalau kualitas karet bagus, harganya juga bagus. Kalau harga bagus yang diuntungkan petaninya juga,” ujar Sabilil.

Walau telah mencapai Rp 8 ribuan, harga ini masih terbilang rendah,  bila dibandingkan dengan karet dari Kabupaten Sintang, yang bisa menembus hingga Rp 9 ribuan per kilogramnya. (eko/mul)