15 UKM Terima Sertifikasi Halal Secara Gratis

Bisnis

Editor Soetana hasby Dibaca : 734

15 UKM Terima Sertifikasi Halal Secara Gratis
SERTIFIKAT GRATIS - Pemuda lintas kecamatan se-Kubu Raya yang tergabung dalam Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP), usai menerima sertifikasi halal dari CSR MIPA Untan. (SP/Ist)
KUBU RAYA, SP - Sebanyak 15 usaha kecil menengah (UKM) dari 40 pemuda di Kabupaten Kubu Raya, menerima sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya. Sertifikasi yang diperoleh secara gratis itu merupakan bantuan dari corporate sosial responsibility (CSR) MIPA Untan Pontianak.

"Ada 15 UKM yang diberikan secara gratis. Ada yang makanan, dan minuman," kata Ketua Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kabupaten Kubu Raya, Jamaludin, Kamis (15/12).

Jamal mengatakan, keempat puluh pemuda tersebut selain menerima sertifikasi juga sekaligus bergabung dalam FKP.

"Rata-rata kawan-kawan lintas kecamatan yang berada di Kubu Raya," sebutnya.

Ia menjelaskan, sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kabupaten Kubu Raya seperti sektor pertanian dan perkebunan, memiliki potensi untuk dikembangkan. "Makanya, kami membentuk FKP dan agar mereka lebih terdorong, secara gratis diberikan sertifikasi halal," terangnya.

Dengan terbentuknya FKP, kata dia, tidak hanya mereka pemilik UKM yang akan didampingi tapi juga pemuda yang berminat untuk berwirausaha.

"Sebab FKP ini berwawasan pada pemberdayaan kepemudaan. Kita akan masuk ke komunitas-komunitas pemuda, dan masuk untuk mengajak mereka terlibat aktif," jelas Jamal.

Kabid Kepemudaan Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga (Disparekrafpora) Kubu Raya, Wasilun menyambut baik dengan adanya FKP. Sebagai instansi terkait, katanya, akan memberikan dukungan kepada forum tersebut.

"Akan mengupayakan dengan instansi lain dalam pengembangan di Kubu Raya, dan akan berkoodinasi dengan Dinas Kesehatan dalam mengurus perizinan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) bagi UKM," tuturnya. (umr)

Baca Juga:
Ungkap Tiga Kasus Korupsi di Ketapang, KAMMI Hadiahi Kajari Ayam Jago
Tanggul Proyek APBD Jebol, Ratusan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen
Pilkades di Melawi Digugat, Pelantikan Ditunda