DANA Dorong Produktivitas Pelaku Ekonomi

Bisnis

Editor K Balasa Dibaca : 239

DANA Dorong Produktivitas Pelaku Ekonomi
PR Manager DANA, Restituta Ajeng Arjanti menjelaskan progres dompet digital garapan PT EDIK dalam media gathering di Pontianak, Kamis (2/5).
Dompet Digital Indonesia (DANA) terus eksis di tengah persaingan fintech. Hingga kini, lebih dari 15 juta pengguna terdaftar tersebar di nusantara. Penggunanya pun berasal dari berbagai kalangan.

DANA merupakan merek dagang dari PT Espay Debit Indonesia Koe (EDIK), perusahaan rintisan Indonesia yang bergerak di bidang teknologi finansial yang menyediakan infrastruktur pembayaran. Teknologi ini memungkinkan masyarakat Indonesia melakukan pembayaran dan transaksi secara nontunai dan nonkartu.

Aplikasi DANA tersedia di iOS dan Android, serta terintegrasi dengan berbagai merchant dan market place ternama sebagai solusi pembayaran digital, baik secara online maupun offline.


“Bagi kami, keamanan adalah kunci dan prioritas utama, karena keamanan adalah dasar kepercayaan pengguna,” kata PR Manager DANA, Restituta Ajeng Arjanti di Pontianak, Kamis (2/5).

Semua infrastruktur DANA di bawah pengawasan Bank Indonesia. Mereka bahkan sudah memiliki sertifikasi PCI DSS (The Payment Card Industry Data Security Standard) yang wajib dimiliki oleh semua pihak yang menerima pembayaran kartu kredit.

Salah satu upaya DANA untuk memastikan keamanan para pengguna adalah kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri. Hal itu dalam bentuk pemanfaatan data kependudukan untuk proses verifikasi data pengguna dan validasi layanan.

“Bagi DANA, kerja sama dengan Dukcapil berdampak signifikan dalam mempercepat layanan dan menghindari DANA dari upaya pemalsuan data. Sementara bagi pengguna DANA, kerja sama ini dapat menghindarkan mereka dari kemungkinan penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ucap Ajeng.

Secara teknis untuk mendukung transaksi nontunai dan nonkartu yang mudah, cepat, dan terjamin keamanannya, DANA dilengkapi dengan teknologi kode QR dinamis, pemindaian tercanggih, dan kemampuan untuk menyimpan dan mengakses langsung kartu debit serta kartu kredit.

“Ini merupakan terobosan baru di industri Teknologi Finansial yang dipelopori oleh DANA. DANA memiliki Data Center (DC) dan Data Recovery Center (DRC) di Indonesia, yang merupakan salah satu DC dan DRC mumpuni dalam menangani skalabilitas transaksi yang tinggi,” jelasnya.


Selain pengusaha dan pengguna individual, dompet digital DANA berkolaborasi dengan perbankan untuk meningkatkan jumlah pengguna layanan perbankan sekaligus untuk meningkatkan inklusi finansial secara luas.

“DANA pelengkap transaksi pembayaran atau penggunaan layanan perbankan. Sebagai contoh, DANA mampu memfasilitasi transfer saldo dengan cepat dan mudah melalui layanan Kirim DANA dan Minta DANA, serta memungkinkan pengguna membayar dengan kartu debit atau kartu kredit mereka yang sudah tersimpan di dompet digital DANA,” ujarnya.

Dari sisi pelaku usaha, transaksi menggunakan DANA juga dapat membuat bisnis berjalan lebih produktif dan efisien. Mereka bahkan tak perlu khawatir lagi jika tidak memiliki uang pecahan untuk kembalian atau khawatir dengan risiko kehilangan uang. Dengan dompet digital DANA, transaksi dengan nominal tak lazim seperti Rp1 pun dapat terlayani. (balasa)