Sekda Kalbar: Realisasi Investasi Mencapai Rp 17,78 Triliun

Finance

Editor sutan Dibaca : 956

Sekda Kalbar: Realisasi Investasi Mencapai Rp 17,78 Triliun
Ilustrasi
PONTIANAK, SP – Realisasi investasi di Provinsi Kalimantan Barat sampai Triwulan III, medio Juli – September 2016, sudah mencapai Rp17,78 triliun.

"Sudah sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dipatok pada awal tahun 2016," kata M Zeet Hamdy Assovie, Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (9/12).

Sekda menyebutkan  untuk pertumbuhan ekonomi Kalbar pada tahun 2016 ditargetkan sebesar 6,09 persen, dan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi salah satunya berasal dari investasi swasta. 

Sekda mengungkapkan pada tahun 2015, Kalbar dapat mencapai nilai investasi sebesar Rp22,84 triliun, melampaui target nasional dari yang ditetapkan sebesar Rp22,70 triliun, sehingga menempatkan Kalbar pada peringkat 10 untuk Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) dan peringkat ke-6 untuk Penanaman Modal Asing (PMA). 

Menurut Sekda, investasi tumbuh sesuai harapan, berkat dukungan masyarakat di dalam menciptakan keamanan dan ketertiban, sehingga investor tidak ragu menanamkan modal dan  sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan. 

Sekda menambahkan peran swasta sangat besar menggerakkan perekonomain daerah di Kalbar, karena itu, tugas utama Pemda, TNI dan Polri saling bersinergi guna menjamin keamanan swasta di dalam menjalankan investasi. (aju)