Gubernur BI Sosialisasikan 11 Pecahan Uang Rupiah Baru

Finance

Editor Soetana hasby Dibaca : 938

Gubernur BI Sosialisasikan  11 Pecahan Uang Rupiah Baru
UANG BARU - Seorang warga di Kota Pontianak memperlihatkan uang pecahan baru yang secara resmi diberlakukan, Senin (19/12). (SP/Yodi Rismana)
JAKARTA, SP -  Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Senin (19/12), berkeliling di kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan, menyosialisasikan 11 pecahan uang rupiah baru yang bertanda 12 gambar Pahlawan Nasional.

Di Blok M Square, BI mengerahkan dua mobil penukaran uang dengan total uang baru yang disediakan Rp 1,5 miliar. Masing-masing warga boleh menukar uang lamanya dengan uang baru maksimal Rp 3,8 juta per orang.

Setelah menyosialisasikan 11 pecahan uang rupiah baru, Agus bekeliling ke lantai 1 Blok M Square. Agus dalam kesempatan itu, berbelanja pakaian gamis, batik, kopiah, dompet dan kerajinan perak. Semua uang yang dia bayar menggunakan uang rupiah baru.

"Ini rupiah baru sudah bisa digunakan dan berlaku di seluruh Indonesia. Tapi uang rupiah lama juga masih berlaku, sampai nanti ada pengumuman resmi dari BI tentang pencabutan uang rupiah lama," kata Agus kepada Veti Rahmawati seorang penjual pakaian gamis.

Presiden Joko Widodo, hari ini, secara resmi meresmikan peluncurkan 11 pecahan rupiah baru. Uang dengan desain baru itu meliputi  7 pecahan uang kertas Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Serta 4 pecahan uang logam. (ant) 

Baca Juga:
Jelang Natal dan Tahun Baru, Dinas Koperindag Landak Sidak Pasar

Dinas Keluhkan Aturan Pengawasan Mamin

Progres Proyek Jembatan Kapuas 3, Herlan: Tahap Akhir Feasibility Study