Senin, 21 Oktober 2019


West Borneo Reptile, dari Hobi Hingga Jasa Pawang

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 550
West Borneo Reptile, dari Hobi Hingga Jasa Pawang

Pontianak, SP - West Borneo Reptile Community (WBRC) adalah komunitas pencinta reptil pertama di Kalimantan Barat. Tujuannya menanamkan kesadaran untuk melestarikan berbagai jenis hewan melata.

Komunitas ini awalnya dibentuk hanya sebagai ajang berkumpul sesama hobies reptil. Seiring berjalannya waktu, muncul kesadaran untuk melestarikannya. “Akhirnya kami bentuk WBRC untuk mengedukasi atau mengenalkan peliharaan kami ke masyarakat,” kata Widodo, anggota WBRC.

Komunitas ini juga mendidik masyarakat agar tidak selalu menganggap reptil sebagai hewan berbahaya. Ada banyak jenis reptil yang tidak berbisa sehingga aman untuk dipelihara. 

Menurut Widodo, agar reptil di Kalbar tidak punah, beberapa anggota WBRC mulai mengembangbiakan hewan yang mereka pelihara. Anggota juga diberi pembekalan agar tidak memilihara jenis reptil langka yang dilindungi. “Jadi kami mengembangbiakan. Nanti kami pilih-pilih mana yang akan dilepas ke alam.”

Selain memelihara, komunitas ini juga menawarkan jasa menangkap reptil liar yang nyasar masuk permukiman warga. “Jadi kalau ada yang takut, hubungi kami. Akan kami jinakkan. Kasihan kalau dibunuh.” (iat)