Penjabat Bupati Sekadau: PNS Terapkan Etos Kerja

Regional

Editor sutan Dibaca : 1431

Penjabat Bupati Sekadau: PNS Terapkan Etos Kerja
SIMBOLIS - Penjabat Bupati Sekadau, menyematkan sebuah pin secara simbolis kepada peserta Diklat Prajabatan di Gedung Kateketik, Senin (1/2). (SUARA PEMRED / AKHMAL SETIADI MUSRAN)
 
SEKADAU, SP -
Penjabat Bupati  Sekadau, M H Munsin meminta para Pegawai Negeri Sipil (PNS), untuk meningkatkan kedisiplinan serta menerapkan etos kerja yang baik. Terlebih saat memberikan pelayanan kepada masyarakat di kabupaten tersebut.

Hal itu menurutnya sangat penting. Mengingat para PNS di lingkungan pemkab ini, bernotabene sebagai abdi negara. Sehingga dituntut untuk mampu menjadi contoh teladan bagi masyarakat. “PNS itu tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Aparatur negara haruslah yang baik bagi masyarakat sekitar. Dan berperan dalam membawa perubahan yang baik pula,” katanya, saat memberikan wejangan kepada puluan CPNS Golongan I, II, dan III, Senin (1/2).

Para CPNS itu, awalnya merupakan tenaga honorer kategori II. Kemudian diangkat menjadi PNS di lingkungan Pemkab Sekadau pada formasi tahun 2014 lalu. Saat ini, para calon aparatur sipil itu tengah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Tahap Pertama. Munsin secara resmi membuka kegiatan tersebut.

Ia menegaskan, para CPNS ini agar merubah sikap mental dan membentuk kedisiplinan ketika sudah sah menjadi PNS. Ia berpesan, kepada peserta agar mengikuti diklat dengan sungguh-sungguh.

“Waktu yang singkat untuk mendapatkan pelatihan. Untuk itu ikuti dengan sungguh-sungguh. Gunakan waktu dengan baik, diikuti, disimak, dihayati dan dilaksanakan,” pesannya. Diklat pra jabatan, sekaligus merupakan syarat administratif untuk pengangkatan PNS tersebut, berlangsung selama sepekan ke depan.

Dimulai pada Senin (1/2) sampai Minggu (7/2) nanti, di Komplek Kateketik Sekadau, Jalan Merdeka Selatan, Desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sekadau, Markus Aron Aput dalam diklat itu merincikan sedikitnya 135 orang peserta, dibagi menjadi empat angkatan pada tahap pertama pendikan tersebut. “Hari ini diklat untuk 2 angkatan. Jumlah angkatan pertama sekitar 40 orang. Dan angkatan kedua 28 orang,” ujarnya.

Pada diklat pertama ini, pesertanya terdiri dari 28 laki-laki dan 12 perempuan. Sedangkan angkatan kedua, berjumlah 18 peserta laki-laki dan 10 perempuan. Secara keseluruhan, total peserta di hari pertama berjumlah 68 orang.

Mereka berasal dari berbagai bidang dan bagian. Seperti tenaga pendidik atau guru sebanyak 59 orang dan staf kantor 9 peserta. Golongan III A sebanyak 6 orang, II A berjumlah 57 orang dan II C 5 orang.

Dalam kesempatan itu pula, disebutkan bahwa diklat bertujuan untuk menciptakan kesamaan visi dan dinamika berpikir CPNS. Sehingga berimplikasi terhadap terwujudnya pembangunan tata pemerintahan yang baik, sesuai Peraturan Presiden nomor 101 tahun 2000.

“Terwujudnya PNS yang memiliki kompentensi yang sesuai dengan persyaratan pengangkatan untuk menjadi PNS,” jelasnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten III, para staf ahli beserta sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau. (akh/and)