Puluhan Prajurit TNI Lakukan Tes Urine di Aula Makodim 1205/Sintang

Regional

Editor sutan Dibaca : 1360

Puluhan Prajurit TNI Lakukan Tes Urine di Aula Makodim 1205/Sintang
TES URIN - Sebanyak 34 anggota Kodim 1205, dan 30 anggota Korem 121/Abw Sintang di tes urine, Jumat (5/3) di Aula Makodim Sintang. Hal itu dilakukan guna mendeteksi pengguna obat-obat terlarang. (FOTO SUARA PEMRED/ ABDUL KHALIKKURAHMAN)
SINTANG, SP - Sedikitnya 34 anggota Kodim 1205 dan 30 anggota Korem 121/ABW Sintang, melakukan tes urine kandungan narkoba.
Tes bertujuan pencegahan penyalahgunaan barang haram di lingkungan anggota militer, di Aula Makodim Sintang, Jumat (4/3).

”Dengan digelarnya tes urine ini, secara otomatis akan diketahui pengkonsumsi obat-obatan terlarang,” kata Serka Azis, satu di antara anggota unit Intel Kodim 1205 usai tes.

Berdasarkan hasil tes,   tidak ditemukan adanya kandungan zat narkoba di urine para tentara tersebut.


Sementara Kasi Intel Kodim 1205/Sintang, Kapten Infantri Sugeng Pasi, mengungkapkan tes air seni dilakukan secara acak. “Ini dilakukan guna mengetahui apakah ada anggota kita  yang terlibat dalam penggunaan obat-obatan terlarang,” katanya.

Sebelum digelar, tidak seorang pun anggota yang mengetahui bakal di tes urinnya. Itu dilakukan supaya hasil yang didapat benar-benar murni  tanpa rekayasa.

Sejumlah petugas dari Rumah Sakit Pratama Sintang, diturunkan sebagai tester.
Meskipun tidak terdapat anggota yang positif, namun Sugeng akan menjatuhkan sanksi berat terhadap jajarannya sampai pemecatan bila terbukti menggunakan narkoba.

“Pimpinan TNI sudah menyampaikan perintah, bahwa sanksinya bagi para prajurit yang terlibat dan terbukti memakai maupun sebagai pengedar akan dipecat  dari kedinasan Instistusi TNI. (abd/and)