Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Dukung Peningkatan Tipe RSUD Achmad Diponegoro Putussibau

Regional

Editor sutan Dibaca : 1282

Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Dukung Peningkatan Tipe RSUD Achmad Diponegoro Putussibau
Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta sempat berdialog dengan pasien di ruang perawatan RSUD Achmad Diponegoro Putussibau, Kamis (12/5). (SUARA PEMRED). (FOTO: MPR RI)
PUTUSSIBAU, SP- Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang (OSO) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Kapuas Hulu pada Kamis (12/05). Dalam kunkernya, OSO menyempatkan diri berkunjung ke RSUD Achmad Diponegoro Putussibau dan menyatakan dukungan peningkatan status tipe rumah sakit itu naik menjadi tipe B. 

"Jika sudah naik tipe rumah sakit ini, secara otomatis pelayanan kesehatannya akan memadai dan nantinya masyarakat juga tidak perlu lagi berobat ke luar daerah," kata OSO.  

OSO meminta Pemkab Kapuas Hulu harus lebih aktif berkoordinasi dengan pemerintah pusat, utamanya dalam upaya meningkatkan status rumah sakit. "Untuk merubah status rumah sakit itu butuh peningkatan pelayanan kesehatan dan banyak membutuhkan dana," terang OSO.  

Atas dasar itu, kata OSO, dikhawatirkan keuangan daerah tidak akan mampu bila dibebankan kepada pemkab. OSO pun berjanji akan menyampaikan ihwal peningkatan tipe rumah sakit itu kepada menteri terkait. "Komitmen negara terhadap pendidikan dan kesehatan merupakan prioritas," kata OSO.  

OSO mengatakan bahwa rumah sakit memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat. Dengan letak geografis Kapuas Hulu yang berdekatan dengan negara tetangga seperti Sarawak dan Kuching, dikhawatirkan masyarakat lebih memilih berobat di luar.  
"Kalau fasilitas kesehatan kita tidak dibenah, masyarakat akan lebih memilih berobat di luar," ujar OSO.  

Sementara Direktur RSUD Achmad Diponegoro Putussibau, dr Dewi Widyasari mengatakan, jumlah dokter umum di rumah sakit itu sebanyak sembilan orang dan satu dokter gigi. "Kita belum ada dokter bedah, yang ada hanya residen bedah baru pendidikan tahap akhir, belum menjadi dokter bedah. Jika dalam penanganan terhadap pasien RSUD Putussibau tidak mampu, maka akan dirujuk ke RSUD Sintang," jelas Dewi.  

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir mengatakan bahwa selama ini Pemkab Kapuas Hulu telah berupaya memenuhi tenaga medis dan pendidik.  "Kami berusaha agar pelayanan kesehatan di rumah sakit ini memadai,” kata Nasir. (sap/bah/lis/sut)