Sabtu, 21 September 2019


Kabupaten Sintang dan Kapuas Hulu Bebas Vaksin Palsu

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1269
Kabupaten Sintang dan Kapuas Hulu Bebas  Vaksin Palsu

VAKSIN (konsultasisyariah.com)

SINTANG, SP – Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Selimin memastikan tidak ada vaksin palsu yang beredar di daerahnya. "Kita menjamin itu. Karena vaksin yang ada semuanya diambil dari kementerian, yang didistribusikan ke provinsi, lalu diteruskan ke Sintang," katanya, ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/6).

Dijelaskannya, ada enam vaksin, yang diterimanya, yakni vaksin HBO, DPT, HIB, tetanus campak, BCG dan Polio.

"Dan vaksin ini langusng disalurkan ke semua puskesmas. Tidak diperjual belikan oleh apotek. Jadi kami menjamin tidak ada vaksin paslu di daerah kita ini," terangnya.


Kendati demikian, diakuinya pihaknya juga telah menerima surat edaran dari Kemenkes, mengenai kewaspadaan vaksin palsu yang beberapa hari ini ramai dibicarakan.

Seorang warga, Susianti mengaku cemas atas kejadian terbongkarnya pelaku pembuat vaksin palsu. Apalagi kata Susi, pelaku yang kini sudah ditahan pihak kepolisian itu, telah lama memproduksinya.

"Dia telah melakoni produksi usaha haramnya itu, sejak 2003. Tentu sudah lama, sehingga tidak menutup kemunginan, vaksin palsu ini sudah beredar ke mana-mana," ujarnya.


Meskipun pihak berwenang menyatakan tidak ada peredaran vaksin palsu, namun dia tetap saja bimbang, lantaran punya anak yang masih kecil.

Susi meminta, dinas terkait benar-benar meastikan vaksin palsu tersebut tidak beredar di Sintang."Kalau bisa cek di apotek-apotek," pungkasnya.

Sementara itu, di Kabupaten Kapuas Hulu, Dinas Kesehatan setempat juga menyatakan daerahnya aman dari penyebaran vaksin palsu.   Kepala Dinkes, Harrison meminta warga agar tidak mencemaskan hal ini. "Vaksin yang kami gunakan di Dinkes adalah vaksin yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, prosesnya vaksin itu di drop ke Dinkes Provinsi Kalbar, selanjutnya burulah dikirim ke kami," katanya.  

Dia menegaskan, jika vaksin yang digunakan para bidan di sana, asli dan dibuat oleh Biofarma. Untuk harga vaksin tersebut jauh lebih murah dari vaksin lain. "Biofarma merupakan BUMN, mungkin harga yang murah itu karena vaksin itu sudah disubsidi pemerintah," ujarnya.  

Sejumlah vaksin yang digunakan di Kapuas Hulu, seperti vaksin campak, DPT-HB, DPT-HB-HIB (Pentabio), DT (Difteri Tetanus), HbO, Polio, TT (Tetanus), TD, dan Rabies.    "Kami tetap mengawasi terhadap vaksin palsu itu, tapi saat ini Kapuas Hulu aman dari vaksin palsu itu," katanya. (abd/sap/and/sut)