Rabu, 23 Oktober 2019


Pemkab Sintang Usulkan Rute Tugu Beji Menuju Desa Jasa jadi Jalan Nasional

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 3128
Pemkab Sintang Usulkan Rute Tugu Beji Menuju Desa Jasa jadi Jalan Nasional

ILUSTRASI (batasnegeri.com)

PONTIANAK - Pemkab Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, mengusulkan rute jalan dari Tugu Beji, Sintang – menuju Desa Jasa, Kecamatan Ketungau Hulu, menjadi jalan nasional sebelum realisasi pembangunan Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) Jasa yang menghubungkan Indonesia dengan Distrik Batu Lintas, Negara Bagian Sarawak, Federasi Malaysia.

 Wakil Bupati Sintang, Askiman, Kamis (3/11/2016), menjelaskan, usulan perubahan,  demi mempercepat proses pembangunan PPLB Jasa. Desa Jasa merupakan  satu  dari  5 lokasi lintas batas yang belum dibangun ruas jalan negara menuju perbatasan.


Menurut Askiman, empat jalan negara dari ibu kota kabupaten di Aruk, Kabupaten Sambas, Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Entikong di Kabupaten Sanggau dan Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, sudah berstatus jalan negara, sehingga pembiayaan pembangunan menjadi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).  

Alasan lain pengusulan menjadi jalan negara, karena Desa Jasa, telah ditetapkan menjadi Pusat Kawasan Strategis Nasional (PKSN).  Diharapkan tahun 2017 perubahan status jalan ini dapat dilaksanakan. Bila ini terwujud maka berbagai masalah di perbatasan sedikit teratasi.  

“Paling mendesak ditangani sekarang,  rencana pembangunan jalan menuju perbatasan masih  non status, bila jalan ini ditangani pemerintah maka masyarakat tidak akan kesulitan jika pergi ke Sintang,” harap Askiman.


 Adapun  jalan menuju Desa Jasa kini kondisinya sangat  memprihatinkan. Infrastruktur disana belumlah memadai. Faktor cuaca  menentukan kondisi jalan. Saat hujan, jalan menjadi licin serta menimbulkan kubangan lumpur, karena masih jalan tanah.
 

Dijelaskan Askiman, jalan rute Sintang-Jasa menghubungkan  beberapa kecamatan di Kabupaten Sintang, yakni Kecamatan Binjai, Ketungau Hilir, Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu.  

“Dua kecamatan diantaranya berbatasan langsung dengan Malaysia. Kecamatan Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu,” ungkap Askiman. (aju/sut)