PT Pertamina Masih Tunggu Program Satu Harga BBM di Kalbar

Regional

Editor sutan Dibaca : 1030

PT Pertamina Masih Tunggu Program Satu Harga BBM di Kalbar
GRAFIS (SUARA PEMRED/ MEGA)
PONTIANAK, SP –  Marketing Branch Manager PT Pertamina (Persero) Kalimantan Barat dan Tengah (Kalbarteng), Eko Harjito mengatakan pihaknya masih menunggu kebijakan program satu harga BBM di Kalimantan Barat. 

“Pertamina hanya sebatas menjalankan penerapan tersebut. Kami masih menunggu kapan program itu dilakukan di sini, dan ini pula yang sedang dibahas di Komisi VII DPR dan intansi terkait di tingkat pusat,” ujar Eko Harijito.

Menurut Eko, sejauh ini harga BBM di Kalbar, sesuai dengan yang ditetapkan Pemerintah. Meski demikian, diakuinya harga BBM di daerah terpencil di wilayah Kalimantan Barat masih berbeda dan bahkan berkali-kali lipat bila dibanding dengan harga resmi.   "Pertamina sejauh ini terus melakukan penambahan SPBU dan penyalur lainnya demi menjangkau daerah-daerah tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Humas DPP Hiswana Migas Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan di Kalbar harga BBM untuk penyalur resmi sudah sama. Namun harga tinggi hanya ditemukan di tingkat pengecer, terutama pada daerah-daerah yang terpencil. 

“Saat ini sudah ada 168 SPBU yang tersebar di Kalbar. Kita selalu ada rencana untuk pembangunan SPBU. Kita berharap pemerintah dapat menjangkau daerah-daerah tersebut. Persebaran SPBU harus diperbanyak dan merata dan suplainya harus lancar,” tuturnya.

Ia mengusulkan agar harga BBM di perbatasan bisa lebih rendah dari daerah perkotaan agar masyarakat bisa menikmati pemerataan. "Akan lebih baik,  karena kita ada daya saing dengan pemerintah negara lain,” kata dia. (ova/ind)