Senin, 09 Desember 2019


Sekda KKH: JKK dan JKM adalah Bentuk Perlindungan untuk ASN

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 720
Sekda KKH: JKK dan JKM adalah Bentuk Perlindungan untuk ASN

Ilustrasi

PUTUSSIBAU, SP - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu  akan menerima Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Hal ini diatur dalam  Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 70 Tahun 2015.  

"JKK dan JKM ini adalah bentuk perlindungan untuk ASN. Ini merupakan bentuk penghargaan abdi negara," kata Sekda KKH, H Muhammad Sukri, pada sosialisasi PP Nomor 70 Tahun 2015.

Menurut Sekda, JKK dan JKM harus dipahami dengan baik oleh ASN. Dengan pemahaman tersebut, maka ASN akan mudah mengurus semua hal terkait dengan jaminan ini.

"Bagaimana pun, mereka bisa menyampaikan kepada semua rekan-rekan di SKPD masing-masing,” paparnya.

Sementara, Kasi Umum dan SDM PT Taspen Pontianak, Asliah mengatakan, besarnya klaim yang didapat ASN dari JKK dan JKM, tergantung dengan kasus yang menimpa ASN yang bersangkutan. Klaim ini sesuai dengan biaya pengobatan dari RS tempat perawatan. 

"Jumlahnya diklaim untuk per kasus, dan sudah ada ketentuan jumlah sesuai rincian tabel JKK. Sementara khusus JKM, terdiri dari santunan uang duka wafat, yang jumlahnya tiga kali penghasilan,” ungkap Asliah. (sap)