Rutan Putussibau Siapkan Remisi Natal

Kapuas Hulu

Editor sutan Dibaca : 804

Rutan Putussibau Siapkan Remisi Natal
Ilustrasi
PUTUSSIBAU, SP-  Rutan Klas II B Putussibau  telah mengusulkan remisi kepada warga binaan,  yang beragama Nasrani. Mereka berhak mendapatkan remisi, yang sesuai dengan syarat dan aturannya.

"Dari 30 orang, yang memenuhi syarat 20 orang. Mereka mendapat remisi karena berkelakuan baik, dan tidak pernah membuat kasus di Rutan,” papar Mulyoko,  Kepala Rutan Klas II B Putussibau.

Mulyoko mengungkapkan, remisi yang diajukan paling tinggi 45 hari dan paling rendah 15 hari. Dari 20 orang warga binaan, 12 di antaranya adalah binaan dengan kasus Pidana Umum (Pidum) dan delapan orang Pidana Khusus (Pidsus).

"Untuk delapan orang yang tersandung kasus Pidsus, sesuai Peraturan Pemerintah (PP)  99 tahun 2012,  terkait Tata Laksana Pembinaan Warga Binaan Permasyarakatan.  Izin remisi harus dari Dirjen Pemasyarakatan," ungkapnya. 

Selain itu tambah Mulyoko, menyambut Perayaan Natal 2016, pihaknya mempersiapkan beberapa kegiatan, misalnya pembersihan dan pengecatan geraja.

"Kami akan merayakan Natal bersama yang diadakan oleh GBI. Kami berharap, dengan perayaan ini, warga binaan bisa semakin agamis," tutur Mulyoko.

Rutan Klas II B Putussibau, menjadi pioner dalam penanaman persatuan dan kesatuan, utamanya memaknai kebhinnekaan. Hal ini dapat terlihat dari toleransi antar umat beragama yang terjadi di rutan.

"Di sini, walau mereka berbeda suku dan agama, namun mereka tetap saling bantu. Bahkan yang muslim bantu membersihkan dan mengecat gereja dan begitu juga sebaliknya," pungkas Mulyoko. (sap/mul)

Baca Juga:
Sao Langke Adat Dai Bolong Pambean, Rumah Betang Tertua di Kapuas Hulu 
Air Keruh, Ini Penjelasan PDAM Tirta Kapuas