Senin, 23 September 2019


Kepala Desa di Kapuas Hulu Serahkan 17 Senpi Rakitan

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 915
Kepala Desa di Kapuas Hulu Serahkan 17 Senpi Rakitan

Ilustrasi

PONTIANAK, SP – Polda Kalbar mengapreasiasi langkah Sunata, Kepala Desa Nanga Dua, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, yang menggerakkan partisipasi masyarakat untuk menyerahkan 17 pucuk Senjata Api (Senpi) rakitan secara sukarela.

“Penyerahan Sepi rakitan yang diinisiasi Kepala Desa Nanga Dua,  agar bisa dijadikan patokan bagi desa di wilayah lain di Provinsi Kalimantan Barat, terutama di areal perbatasan dengan Negara Bagian Sarawak, Federasi Malaysia,” kata Kombes Suhadi Sw, Kabid Humas Polda Kalbar, Jumat (9/12).

Suhadi mengungkapkan senpi yang diserahkan merupakan sisa-sisa aktivitas masyarakat,  selama operasi penumpasan Pasukan Gerilya Rakyat Sarawak/Pasukan Rakyat Kalimantan Utara (PGRS/PARAKU), 1966 – 1974. Selain itu, penyerahan senpi rakitan ini, berkat kesabaran Brigadir Agus Kusnaeni, anggota Bhayangkara Bhabinkamtibmas Desa Nanga Dua.

Dikatakan Suhadi, Agus Kusnaeni, menggunakan langkah persuasif dari rumah ke rumah memberikan pemahaman kepada masyarakat akan ancaman pidana penjara bisa mencapai 20 tahun,  bagi yang terbukti menyimpan senjata api tanpa izin, sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951. (aju)