Senin, 23 September 2019


Nikmatnya Buah Empakan dari Kabupaten Kapuas Hulu

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1716
Nikmatnya Buah Empakan dari Kabupaten Kapuas Hulu

Buah Empakan. (SP/Syafari)

Musim buah durian telah memasuki masa penghujung. Kini di Bumi Uncak Kapuas, mulai memasuki musim buah Empakan. Buah ini merupakan satu di antara buah khas di Kabupaten Kapuas Hulu (KKH). Bentuk buah Empakan menyerupai durian, perbedaannya buah ini terletak pada rasanya.

Sebagian orang menganggap, buah ini lebih nikmat dari buah durian. Tapi  semua daerah di KKH ditumbuhi oleh pohon Empakan.
 Bila dilihat secara jeli, Buah Empakan dan Buah Durian memiliki perbedaan, utamanya secara fisik. Buah Empakan bentuknya lebih kecil dari Durian, untuk sisik kulit luarnya, Buah Empakan tidak tajam seperti Durian dan  daging Empakan berwarna oranye, sementara Durian berwarna kuning.  

Keberadaan pohon Empakan biasanya di wilayah utara, seperti di Kecamatan Putussibau Utara, sementara daerah Selatan ada di Kecamatan Boyan Tanjung, Pengkadan dan Tepuai. Saat ini, harganya masih relatif mahal, karena baru memasuki musim berbuah.
 

Penjual Buah Empakan, Unan Bunga mengatakan, harga Buah Empakan bervariasi. Ukuran kecil dijual Rp25 ribu per tiga buah dan ukuran besar sekitar Rp 25 ribu per dua buah.
 "Modal kami Rp3-5 ribu per buah untuk yang kecil, sementara yang besar Rp5-8 ribu per buah," katanya.  

Diakui Unan, tahun ini tidak semua Pohon Empakan berbuah. Sehingga cukup sulit didapat. Kadang-kadang pembeli yang mau beli, langsung lari ketika mendengar harganya yang cukup tinggi.  

Menurutnya, saat ini satu-satunya tempat yang baru memproduksi Buah Empakan adalah Desa Benua Tengah, Kecamatan Putussibau Utara. Daerah ini jaraknya sangat jauh dari Putussibau. “Menggunakan kendaraan roda dua, dari Desa Benua Tengah menuju Kebun Empakan, dibutuhkan waktu lebih dari tiga jam, menggunakan perahu,” paparnya.  

Pembeli Buah Empakan, Elvi Sanusi mengatakan harga buah tersebut masih terbilang mahal, sebab biasanya pada musim buah berlimpah, Empakan hanya dijual dengan harga Rp 10 ribu per tiga buah.
 

"Beli sedikit saja dulu untuk anak-anak di rumah, nanti kalau sudah banjir buahnya, baru beli dalam jumlah banyak," kata Elvi.  

Elvi mengaku, Buah Empakan rasanya lebih enak dari Buah Durian. Selain itu, Buah Empakan memiliki aroma khas. Dan bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, tidak membuat kesehatan terganggu sebagaimana buah Durian.  (syapari)


Baca Juga:
Sekadau Kekurangan 600 Tenaga Guru  
OLK 2016, Sembilan Orang Meninggal Dunia
Mustaki Simpan Sabu 3,5 Gram di Dompet