Rabu, 18 September 2019


Jerman Lirik Komoditas Pertanian di Kapuas Hulu

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1616
Jerman Lirik  Komoditas Pertanian di Kapuas Hulu

Peta Kabupaten Kapuas Hulu (SP/Ist)

PUTUSSIBAU, SP- Asisten III Pemkab KKH, M Yusuf mengatakan, kerjasama den Pemerintah Jerman di bidang kehutanan dan perubahan iklim, sudah berjalan delapan tahun, sangat memberikan manfaat. Satu di antaranya adalah pelestarian hutan.  

"Kita sangat berkepentingan untuk mempertahankan hutan konservasi. Karenanya, kita terus memperpanjang kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan orang-orang Jerman,” kata M Yusuf kepada Suara Pemred, Rabu (22/2).


Menurutnya, memasuki tahun ke sembilan, dipastikan kerjasama ini akan terus ditingkatkan. Tidak hanya tentang pelestarian hutan, namun juga tentang kerjasama ekonomi.  

“Perjanjian kerjasama dengan Pemerintahan Jerman, tidak hanya tentang pelestarian hutan, namun juga tentang masalah ekonomi dan pembangunan insfrastruktur di Bumi Uncak Kapuas,” pungkasnya.  

Sementara itu, Direktur  
Program Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) -Forclime, Georgi Andrea mengatakan, kerjasama antara Kementerian Jerman dengan Pemkab KKH, khusus dalam pengembangan rantai pasokan komoditas pertanian berkelanjutan.
 

"Pelaksanaannya, dengan pendekatan yurisdiksi, untuk pencapaian produksi pertanian berkelanjutan, tanpa harus merusak hutan. Program ini, bisa dikembangkan di KKH, karena lahannya banyak,” katanya.  

Dengan berbagai usaha, Andrea optimis bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Pihaknya juga tidak akan merusak hutan, bahkan akan memberikan pendidikan terhadap pelestarian hutan bagi masyarakat.  

“Kami yakinkan, bahwa kerjasama ini menguntungkan semua pihak, bahkan masyarakat juga akan mendapatkan benefit. Mari bersama menjaga alam, termasuk hutan. Berkebun dan bertani bisa saja, namun jangan merusak hutan dan ekosistemnya,” papar Andrea. (sap/mul)