Minggu, 22 September 2019


9 Mei, Batas Pelunasan BPIH KKH

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 661
9 Mei, Batas Pelunasan BPIH KKH

ilustrasi calon jemaah haji

PUTUSSIBAU, SP - Kepala Kemenag Kapuas Hulu, Khusayri Husman mengatakan pada 2017 ada 130 Jemaah Calon Haji (JCH), yang akan diberangkatkan ke tanah suci. Kepada mereka, Kemenag Kapuas Hulu Telah meminta  untuk melengkapii persyaratan, terutama Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). 

“Kepada JCH yang belum melunasi BPIH, diharapkan segera menyelesaikan pembayarannya selambat-lambatnya pada 9 Mei 2017,” kata Khusayri, saatmemberikan sambutan pada Bimbingan Manasik Haji, yang dilaksanakan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kapuas Hulu di Masjid Nurul Iman, Kelurahan Hilir Kantor, Sabtu (29/4).

Selain itu, Khusyairi juga meminta para JCH Selain itu, terus jaga kesehatan, menjernihkan pikiran dan sucikan hati, dengan memohon ampunan kepada Allah SWT, serta banyak bersukur telah dipanggil Allah untuk melaksanakan perintah-Nya.  
Sebelum berangkat ke tanah suci, papar Khusayri, harus memperbanyak pengetahuan tentang haji dengan cara mengikuti bimbingan manasik haji agar mengerti berbagai persoalan perhajian yang nantinya akan dilaksanakan saat menunaikan ibadah haji di tanah suci.

"Ini kesempatan emas, dengan adanya bimbingan manasik haji seperti ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana berhaji ditanah suci,"katanya  

Ketua IPHI Kapuas Hulu H Muhammad Saie mengatakan, manasik haji yang dilaksakan kali ini sudah yang ketiga. Sebelumnya pihaknya sudah melaksanakan bimbingan manasik haji di Selimbau dan Boyan Tanjung.


"Bimbingan manasik haji ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi CJH yang tinggal jauh dari ibukota Kabupaten dalam melaksanakan manasik haji ini," terangnya.  
Dijelaskannya, pelaksanaan manasik haji  untuk JCH di Kapuas Hulu ini terbagi menjadi tiga zona. Zona pertama dilaksanakan di Putussibau Utara yang meliputi JCH asal kecamatan Putussibau Utara, Selatan, Kalis, Mentebah, Embaloh Hilir dan Badau.


Zona dua di lintas air, dipusatkan di Kecamatan Selimbau yang meliputi Jongkong, Bunut Hilir, Selimbau, Suhaid, Semitau, Silat Hulu dan Silat Hilir. Kemudian zona tiga di Lintas Selatan yang dipusatkan di Boyan Tanjung diantaranya Boyan Tanjung, Bunut Hulu, Pengkadan dan Hulu Gurung.   

“Bimbingan manasik ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik secara teori maupun praktek. Juga memupuk kekompakkan para JCH. (sap/mul)