Kasus RD Segera Disidangkan

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 785

Kasus RD Segera Disidangkan
ilustrasi
PUTUSSIBAU, SP- Kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh oknum Kades Nanga Mentebah, Kecamatan Mentebah, RD (35) terhadap KR (25), yang saat itu tengah hamil tua, diperkirakan akan disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Putussibau pada Mei 2017 ini.  

”Kita mengupayakan pada Mei 2017, kasus tersebut sudah bisa dilimpahkan ke PN Putussibau, untuk dilakukan sidangkan,” kata Kasi Intel Kejari Kapuas Hulu Acep Subhan.  

Diterangkannya, terkait kasus tersebut pihak kepolisian telah mengeluarkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP), dan Kejari Kapuas Hulu telah menerima berkas kasus tersebut. Namun setelah diteliti, ada beberapa berkas yang harus dilengkapi oleh pihak kepolisian.  

"Kami kembalikan lagi berkasnya ke Polsek Mentebah. Untuk saat ini berkas itu sudah kami terima kembali dan saat ini masih diteliti oleh Jaksa Penuntut Umum," terangnya.  

Dikatakan Acep untuk kekurangan beberapa kelengkapan berkas dari kasus tersebut Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang lebih mengetahuinya. Jika kasus tersebut sudah P21 barulah pihaknya menyerahkan tersangka dan alat bukti ke PN Putussibau untuk dilakukan persidangan.  

"Saat ini berkas sudah dikembalikan oleh pihak kepolisian dan masih diteliti jika sudah lengkap baru kita nyatakan P21, untuk batas waktu penelitian selama 14 hari,"terangnya.

Terhadap pelaku dikenakan pasal 281 ayat 1 KUHP terkait kejahatan terhadap asusila dengan pidana badan selama 2,8 tahun. Polres Kapuas Hulu, telah menetapkan oknum Kades tersebut sebagai tersangka. Penetapan yang bersangkutan sebagai tersangka berdasarkan bukti-bukti yang telah dikumpulkan oleh pihak Kepolisian.  

“Baik berupa keterangan korban, saksi, terlapor, dan hasil visum. Selain itu, pihak kepolisian juga telah melaksanakan gelar perkara terhadap kasus tersebut,” ujar Kasat Rekrim Polres Kapuas Hulu, AKP Aminunddin. (sap/mul)