Kamis, 19 September 2019


Pasar Kedah Didesain Modern

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 894
Pasar Kedah Didesain Modern

PERESMIAN – Wabup Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero menggunting pita saat meresmikan Pasar Rakyat Kedamin Indah (Kedah), di Kecamatan Putussibau Selatan. Pasar ini berdesain modern, dan akan jadi simbol peningkatan ekonomi masyarakat.

PUTUSSIBAU, SP- Wabup Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero mengatakan, pembangunan Pasar Rakyat Kedamin Indah (Kedah), di Kecamatan Putussibau Selatan, adalah bentuk upaya Pemkab dalam memperhatikan perkembangan pasar yang ada di Kapuas Hulu. Pasar ini akan jadi simbol peningkatan ekonomi masyarakat.  

Menurut Wabup Anton, pasar merupakan tempat yang sangat penting bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat, mengingat sebagian besar aktifitas perekonomian terjadi di pasar. Pembangunan Kedah, juga dikarenakan Pasar Pagi Putussibau, sudah sangat sempit, akibat jumlah pengunjung yang ramai.  

“Oleh karena itu, solusinya dibangunlah Pasar Kedah ini. Kita bangun dengan desain modern, sehingga bersih dan rapi," kata Anton, dalam sambutan, saat meresmikan Pasar Kedah, Jumat (5/5).  

Pasar Kedah terletak di Jalan Lintas Selatan, Kecamatan Putussibau Selatan, memiliki desain yang bagus. Walaupun wilayahnya saat ini masih sepi, namun ke depannya diyakini akan semakin ramai dan berkembang.  

Pengunjung pasar, papar Anton, tidak hanya dari Kota Putussibau saja, namun juga dari berbagai wilayah di Kapuas Hulu. Pasar ini akan ramai dan besar, sebab secara otomatis ketika pertumbuhan perekonomian sudah ada, maka dengan sendirinya masyarakat akan berbondong-bondong datang untuk berbelanja.  

"Wilayah ini nantinya masuk dalam pengembangan pembangunan seperti rumah sakit, universitas, sekolah, perumahan, dan banyak lagi pembangunan lainnnya. Kami optimis wilayah ini akan berkembang," terangnya.  

Wabup meminta kepada para pedagang agar tekun dalam berusaha, dengan demikian mereka akan memperoleh keberhasilan. Selain itu, para Pedagang dan masyarakat juga harus selalu menjaga kebersihan dan fasiltas pasar, agar masyarakat antusias berbelanja ke pasar Kedah.  

"Sesama pedagang harus saling menghargai, dalam mengembangkan pasar, semua pedagang harus bekerjasama agar sama-sama berhasil," terangnya.  

Kepala Disperindagkop Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh mengatakan, lahan pasar kedah merupakan milik Pemda Kapuas Hulu. Luas areal pasar kedah sekitar 482 meter persegi.  

"Ini merupakan tanah hibah dari masyarakat. Untuk biaya pembangunan pasar kedah bersumber dari dana DAK kementerian dan APBD Kapuas Hulu," paparnya.  

Dijelaskannya, pasar tersebut dibangun sejak 2012 lalu, dan baru diresmikan pada 2017 ini. Ada 20 kios permanen dan 96 lapak. Kios-kios tersebut sudah penuh terisi oleh pedagang,  sementara untuk lapak masih tersisa 48 lapak yang masih kosong," katanya.
 

"Ketekunan dan keseriusan sangat diperlukan untuk mengembangkan pasar kedah ini. Untuk sosialisasi pasar ini sudah dilakukan baik melalui radio dan memberikan imbauan di tempat umum," ungkapnya. (sap/mul)