Minggu, 15 Desember 2019


Tokoh Agama Harap Kapolres Memasyarakat

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 858
Tokoh Agama Harap Kapolres Memasyarakat

BINA MASYARAKAT – Jajaran Sat Sabhara Polres Kapuas Hulu, memberikan pembinaan ke anak-anak yang suka bermain sepeda di jalanan. Cara ini menjadi salah satu untuk mendekatkan diri ke masyarakat.

PUTUSSIBAU, SP - AKBP Imam Riyadi, resmi menjabat sebagai Kapolres Kapuas Hulu, menggantikan AKBP Sudarmin. Pergantian pucuk pimpinan Polres Kapuas Hulu tersebut, jadi perhatian sejumlah pihak.  

Tokoh Agama (Toga), Tokoh Masyarakat (Toma) dan Tokoh Adat (Toda), di Kabupaten Kapuas Hulu, berharap adanya perhantian pimpinan kepoilsial, membawa perubahan positif bagi keamanan Bumi Uncak Kapuas. Utamanya penegakkan hukum.  

“Kapolres baru diminta agar tidak pandang bulu dan pilih kasih, serta bekerja secara profesional. Selama ini, saya sering mendapatkan keluhan masyarakat, berkaitan dengan kasus-kasus yang ditangani kepolisian, karena ada sebagian kasus yang dilanjutkan hingga ke pengadilan, namun ada juga kasus yang ditangani justru jalan di tempat,” kata satu di antara Toga, I Putu Sudiarta.  

Menurut Toga Hindu ini, kasus-kasus yang selama ini jalan di tempat, segera dilanjutkan ke pengadilan, agar tidak menimbulkan opini negatif di masyarakat. Aparat Penegak Hukum (APH), jangan lagi tebang pilih kasus. Semua masyarakat harus diperlakukan sama dihadapan hukum.  

“Kasus yang selama ini jalan di tempat, seperti kasus PETI, di mana polisi terus merazia, namun kasusnya tidak pernah sampai ke Pengadilan. Begitu juga dengan kasus judi sabung ayam, kepolisian juga tak berani menindak. Kami berharap agar Kapolres, yang baru ini bisa bertindak tegas sesuai tugas dan fungsinya," jelasnya.  

Demikian pula untuk kasus Narkoba di Kapuas Hulu, agar segera diberantas. Pada beberapa waktu lalu, kasus Narkoba terjadi pada Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu, Putu juga meminta Kapolres baru, dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.  

“Kalau bisa, operasi penanganann Narkoba lebih digiatkan lagi, karena saat ini sudah menyentuh ke anak sekolah,” katanya.  

Toga Islam, Iswandi berharap, Kapolres baru bisa melanjutkan program yang lalu. Kapolres baru harus membawa perubahan yang lebih baik, terutama menangani maslaah keamanan, kenyamanan, dan ketertiban.  

“Sekarang akses ke Kapuas Hulu semakin lancar, tentunya keamanan perlu ditingkatkan. Misalnya dengan patroli siang dan malam,” katanya. Selanjutnya, dari sisi keagamaan, Kapolres baru ini perlu juga bekerjasama dalam menyukseskan hari besar kegamaan dalam mengamankan jalannya kegiatan tersebut. Kemudian dalam menindak suatu kasus yang menimpa masyarakat, Kapolres yang baru ini dapat bertindak sesuai prosedur dan berani bersikap tegas.   

"Jangan sampai kebijakkan yang dilakukan Kapolres, merugikan masyarakat banyak. Makanya kami sangat mengharapkan adanya perubahan lebih baik dari Kapolres yang baru ini," harapnya. (sap/mul)