Warga Empangau Butuh Tower

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 823

Warga Empangau Butuh Tower
ilustrasi
PUTUSSIBAU, SP – Warga Desa Nanga Empangau Hulu, Kecamatan Bunut Hilir, sangat membutuhkan adanya jaringan telekomunikasi atau tower. Selama ini, desa tersebut memang belum punya akses komunikasi yang baik, sehingga cukup terbelakang.   Menurut Kades Joni Karyadi, pihaknya sudah pernah mengajukan proposal ke Pemkab, yang mengusulkan pembangunan tower jaringan telekomunikasi. Namun, hingga kini belum ada tanggapan dari dinas terkait.

  "Proposal sudah diusulkan ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kapuas Hulu. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan dari mereka, kami masih terus menunggu," ujar Joni, kepada wartawan, Minggu (4/6).  

Joni menuturkan, pada setiap Musrenbang tingkat kecamatan, masalah tower jaringan telekomunikasi selalu diusulkan. Namun tetap saja di tingkat kecamatan, usulan itu tidak bisa diperjuangkan.  

Pihaknya juga tidak tahu secara jelas, mengapa usulan yang disampaikan tidak pernah ditanggapi. Padahal Desa Nanga Empangau Hulu ebnar-benar membutuhkan jaringan telekomunikasi, karena masyarakat juga butuh informasi perkembangan teknologi, seperti masyarakat di desa lainnya.  

“Pemkab sepertinya tutup mata, dan tidak bisa memenuhi usulan kami. Padahal, dengan adanya tower, maka perkembangan ekonomi masyarakat bisa meningkat, sebab bisa mendengarkan informasi bisnis dan kabar perkembangan saat ini,” paparnya.  

"Saya yakin, kalau di desa kami sudah ada jaringan telekomunikasi, perkembangan ekonomi akan lebih maju. Karena masyarakat sangat membutuhkan informasi, untuk mengembangkan bisnisnya dan memfaat lagi lainnya," lanjut Joni.   Menanggapi persoalan masih banyak daerah yang belum mendapatkan pelayanan jaringan telekomunikasi, Anggota DPRD Kalbar Dapil Tujuh (Kapuas Hulu, Sintang, dan Melawi), Kadri menyatakan, memang persoalan jaringan telekomunikasi masih menjadi dambaan bagi masyarakat yang tinggal di daerah perdalaman.  

"Setiap saya turun ke daerah terpencil, rata-rata masyarakat meminta supaya di daerahnya dibangunkan tower jaringan telekomunikasi, karena itu sangat penting bagi masyarakat," ujar politis PKB ini.  

Terkait aspirasi masyarakat tersebut jelas Kadri, ia sudah pernah menyampaikan ke dinas terkait di provinsi maupun tingkat pemerintah pusat. Ia berharap, Pemda, baik provinsi dan kabupaten, serta Pempus. segera merialisasi apa yang menjadi dambaan bagi masyarakat di pedalaman.  

“Saya akan terus berupaya untuk menyuarakan aspirasi masyarakat ke pemerintah. Tugas saya sebagai anggota dewan, bagaimana aspirasi dari masyarakat untuk disuarakan ke pemerintah provinsi maupun pusat," jelas Kadri.   Menurutnya, jaringan telekomunikasi memang masih menjadi persoalan bagi masyarakat perdalaman, yang belum mendapatkan pelayanan telekomunikasi.  

"Kalau mencari sinyal di daerah terpencil sangat susah, harus berjuang dulu mencari titik yang ada jaringan," pungkasnya. (sap/mul)